Jenis Kalimat dalam Bahasa Inggris: Simple, Compound, Complex, dan Complex-Compound Sentence


Di postingan yang pertama ini, saya membahas materi mengenai jenis dan contoh kalimat dalam Bahasa Inggris. Mungkin ketika kita belajar bahasa Inggris untuk pertama kali, kita merasa sedikit kebingungan harus mulai dari mana. Sebenarnya, ini tergantung dari prioritas kita bentuk komunikasi apa yg ingin kita dahulukan apakah itu lisan atau tulisan. Namun, di postingan kali ini, saya akan lebih membahas bagaimana cara menulis dalam Bahasa Inggris yang baik dengan mengenal jenis-jenis kalimat terlebih dahulu. Jadi, ketika kita belajar menulis tentunya struktur atau tata bahasa yang kita gunakan juga harus diperhatikan dengan baik, ini akan bermanfaat sekali ketika kita menulis suatu artikel atau apapun itu dalam Bahasa Inggris. Jenis-jenis kalimat dalam Bahasa Inggris ada 4 jenis kalimat, yaitu: kalimat sederhana (simple sentence), kalimat majemuk (compound sentence), kalimat kompleks (complex sentence), dan kalimat kompleks majemuk (compound-complex sentence). Lebih jelasnya, kita bahas satu persatu.

 

1. Kalimat Sederhana (Simple Sentence)

Sebelum kita membahas simple sentence ini, supaya tidak kebingungan, saya akan membahas tentang klausa dalam Bahasa Inggris terlebih dahulu. Jadi, dalam Bahasa Inggris ada yang namanya klausa atau anak kalimat. Klausa ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu: klausa independen atau anak kalimat yang sudah dapat berdiri sendiri dan tidak memerlukan klausa yang lain (independent clause) dan klausa dependen atau anak kalimat yang tidak dapat berdiri sendiri (dependent clause), sifat dari klausa ini selalu bergantung kepada klausa independen agar dapat disebut sebagai kalimat yang dapat diterima secara logika.
 
Contoh klausa independen (independent clause)
  • Rian eats noodles.
  • Rani makes the bed.
  • Putri cooks in the kitchen.

Contoh klausa dependen (dependent clause)

  • When Rian ate the noodles, ...
  • While I am waiting for him, ...
  • Because I am that good in English, ...

Seperti yang dapat kita amati dari contoh kedua jenis klausa di atas, anak kalimat yang pertama sudah dapat diterima secara logika dan dapat berdiri sendiri seperti "Rian eats noodles.", sementara anak kalimat yang kedua belum dapat dikatakan sebagai kalimat logis dan lengkap, karena membutuhkan kalimat independen. Contoh pada kalimat "When Rian ate the noodles, ...", kalimat selanjutnya harus kita tutup dengan klausa independen, seperti "his mom arrived". Jadi, kalimat "When Rian ate the noodles, his mom arrived" sudah dapat dikatakan sebagai kalimat yang lengkap dan logis.

Selanjutnya, yang disebut sebagai kalimat sederhana atau simple sentence, yaitu sebuah jenis kalimat yang di dalamnya hanya ada satu anak kalimat independen (independent clause) dan tidak ada klausa yang lain setelahnya.

 

2. Kalimat Majemuk (Compound Sentence)

Jenis kalimat selanjutnya, yaitu kalimat majemuk. Jenis kalimat ini terdiri atas setidaknya dua klausa independen atau lebih di dalamnya. Selain itu, kalimat majemuk tidak memerlukan klausa dependen. Contoh kalimatnya, bisa kita amati di bawah berikut.

  • I was sleeping and she was hanging out with her friends.
  • Dian is cleaning the floor, Randi is watching TV, and Mia is studying in the bedroom.
  • He did not the homework, she went out with her friends, but my mom did not say anything.
Ciri khas untuk membuat jenis kalimat ini, kita dapat menambahkan tanda koma setiap anak kalimatnya atau menambahkan penghubung koordinatif (coordinating conjunction). Sebagai informasi tambahan, penghubung koordinatif, yaitu kata penghubung yang menghubungkan dua unsur kalimat atau lebih yang kedudukannya sederajat. Dalam hal ini, dua-duanya sama, yaitu klausa independen. Berikut merupakan beberapa contoh kata penghubung koordinatif.

for

and

nor

but

or

yet

so

FANBOYS


Jadi, untuk membentuk kalimat ini kita hanya perlu menambahkan konjungsi atau tanda koma sebagai pemisah antar kalimat.

 

3. Kalimat Kompleks (Complex Sentence)

Sesudah memahami tentang kalimat sederhana dan kalimat majemuk. Selanjutnya, kalimat kompleks merupakan hal yang sering kita gunakan ketika menulis dan berbicara dalam Bahasa Inggris. Ciri khas dari kalimat kompleks adalah adanya klausa dependen (dependent clause) dan klausa independen (independent clause). Lebih lanjut, seperti yang kita sudah ketahui bahwa kalimat dependen tidak bisa berdiri sendiri karena selalu memerlukan satu kalimat independen supaya dapat dianggap kalimat yang lengkap dan logis. Lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut.
  • When Rian spoke to his friends in English, ...
  • While I was in the class, ...
  • Because Rian is good in English, ...

Ketiga kalimat tersebut memerlukan kalimat independen seperti salah satunya, yaitu "While I was in the class,..." dan ditutup dengan  "my friends admired my English pronunciation" sehingga menjadi kalimat lengkap "While I was in the class, my friends admired my English pronunciation". Sebenarnya, kita dapat menambahkan lebih dari satu klausa dependen dan ditutup dengan satu kalimat independen sehingga akan menjadi seperti ini "Because Rian is good in English, When Rian spoke to his friends in English, While I was in the class, his friends and I admired his English pronuciation". Jadi, kalimat kompleks ini akan mudah dipahami ketika sudah dapat membedakan kalimat dependen dan independen.

Kalimat dependen biasanya diawali dengan kata penghubung subordinatif (subordinating conjunction). Contoh kata penghubung subordinatif seperti: after, although, because, when, while, dan sebagainya.

 

4. Kalimat Kompleks Majemuk (Compound-Complex Sentence)

 Kalimat yang terakhir, yaitu kalimat kompleks majemuk yang mana kalimat ini terdiri dari setidaknya dua klausa independen dan satu atau lebih klausa dependen. Seperti namanya, kalimat ini gabungan antara kalimat kompleks dan kalimat majemuk. Lebih lanjut, kita perhatikan contoh kalimat berikut.

  •  When I was cooking in the kitchen, my mother arrived and my father told me.

Klausa dependen di awal menjadi pertanda bahwa kalimat di atas adalah kalimat kompleks. Namun, setelah kita lihat ke depannya ada dua klausa independen yang mana kita dapat katakan sebagai kalimat majemuk. Jadi, itulah mengapa kalimat ini dikatakan sebagai kalimat kompleks majemuk (compound-complex sentence).

Sekian untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat dan jika ada yang masih bingung boleh berkomentar di bawah pada kolom komentar yang tersedia. Jangan lupa share juga ilmunnya ke orang lain supaya menjadi berkah. :)



No comments:

Post a Comment

Pages