Galau Seleksi Bakat Skolastik LPDP, Akhirnya Lulus!

Healing setelah Pusing Tes Bakat Skolastik LPDP

Di artikel sebelumnya, Aku dan Segenap Ikhtiarku: Perjuangan Melewati Seleksi Administrasi LPDP, saya sempat menceritakan bagaimana saya dapat melewati tahap seleksi administrasi LPDP sesuai dengan ekspektasi. Lulus seleksi administrasi memang salah satu momen yang tidak akan terlupakan dan merupakan momen yang membuat saya semakin terbuka harapan untuk melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi pada waktu itu. Namun, tidak berhenti di sana, masih ada 2 tantangan yang harus saya lewati setelah lulus seleksi administrasi, yakni seleksi bakat skolastik dan seleksi substansi. Hal ini tentunya membuat saya semakin khawatir, apalagi di tahap ini saya mengerjakan soal-soal yang mana di dalamnya ada beberapa mata pelajaran yang berkaitan dengan rumitnya matematika. Sebenarnya, saya dapat mengerjakan matematika, tetapi saya dapat mengatakan bahwa saya kurang begitu menonjol dalam bidang ini. Hal inilah yang membuat saya merasa tidak nyaman dan terus overthinking.


Sebagai informasi, dari kebijakan LPDP tahun ini, peserta yang sudah memiliki Letter of Acceptance (LoA) atau surat pernyataan bahwa kita diterima oleh universitas yang kita tuju, dapat langsung melewati tahap ini. Kebijakan ini diterapkan karena tes ini bertujuan untuk mengukur potensi atau kemampuan belajar seseorang, yakni potensi kemungkinan keberhasilan seseorang jika ia memiliki kesempatan untuk belajar, terutama pada tingkat yang lebih tinggi. Selain itu, mengetahui bagaimana kepribadian kita berdasarkan dari tes yang diberikan nanti. Jadi, dengan memiliki LoA maka LPDP sudah menganggap bahwa peserta tersebut sudah memenuhi standar ini. Secara implisitnya, pihak LPDP sudah mempercayakannya pada universitas yang sudah menerimanya. Namun, jika kita belum mendapatkan LoA artinya kita harus melewati tahap ini terlebih dahulu dan kita dapat memilih 3 opsi universitas yang ingin kita tuju dan lamar nanti. Intinya, beasiswa dan daftar masuk universitas itu terpisah. Jadi, ketika kita nanti lulus seleksi beasiswa LPDP, bukan berarti kita diterima oleh universitas langsung. Apakah ada keuntungannya? Ya, dengan mendapatkan beasiswa terlebih dahulu berarti kita sudah mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah dan itu dapat kita tuliskan di application letter karena dapat memberikan poin tambah dari pelamar yang lainnya. 


Saya merupakan salah satu peserta LPDP yang mana pada waktu itu, belum mendapatkan LoA juga karena bulan Januari saya fokus dengan persiapan sidang skripsi. Sementara itu, universitas semuanya yang ada di Finlandia membuka pendaftaran masuk kampus ada yang dari Desember atau Januari. Jadi, saya memutuskan untuk mengikuti LPDP dengan status belum menerima LoA dan pada akhirnya, saya harus berusaha melewati tahap ini dengan segala tantangannya. Di bawah ini, saya akan menjelaskan apa saja yang saya persiapkan untuk menghadapi Seleksi Bakat Skolastik ini.


Manajemen Waktu

Hal ini memang sudah tidak asing lagi dan mungkin beberapa dari kalian juga sudah sering mendengarnya. Namun, tantangannya adalah dalam penerapannya karena biasanya kita memiliki seribu rencana tersusun dan pada faktanya, kita hanya melakukan beberapa saja atau bahkan tidak ada progres sama sekali. Pada waktu itu, saya melaksanakan tes bakat skolastik ini secara daring sehingga saya harus mempersiapkan webcam yang baik dan mengatur semuanya secara teknis dari awal sekali. Selain itu, membaca referensi-referensi soal TBS dan SJT di YouTube setidaknya dapat memberikan saya gambaran umum bagaimana tes ini nantinya. Hal penting lainnya berkenaan dengan pengelolaan waktu, yaitu ketika saya mengerjakan tes, saya mengerjakan soal-soal yang dapat dijawab dengan mudah terlebih dahulu. Alasan saya mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu supaya nanti saya mempunyai banyak waktu untuk mengerjakan soal-soal yang sulit menurut saya. Terakhir, jangan lupa membaca instruksi soal terlebih dahulu dengan teliti. Pada waktu itu, saya mengisi jawaban dari soal tersebut walaupun tidak mengetahui jawabannya karena berdasarkan instruksi bahwa jika saya mengisi tidak akan dikurangi 1 poin, tetapi tetap mendapatkan 0 poin. Jadi, lebih baik mengisinya daripada melewatkannya.


Persiapan Teknis

Seperti yang sudah saya sebutkan tadi bahwa saya mempersiapkan webcam untuk tes ini karena akan dilakukan secara daring. Selain itu, ada beberapa persiapan teknis lainnya dan nanti biasanya para peserta akan diberikan e-book berisikan petunjuk bagaimana cara melakukan tes ini secara daring. Ketika aplikasi tersebut sudah dapat diunduh, saya langsung uji coba di laptop saya karena dikhawatirkan perangkat yang saya gunakan tidak mendukung. Di sinilah kita harus berhati-hati dan benar-benar matang dalam persiapan teknis ini. Jangan sampai impian kita pada akhirnya terkubur hanya karena kendala-kendala kecil seperti ini. Beberapa contoh yang benar-benar saya perhatikan pada waktu itu adalah kuota dan penggunaan WiFi. Jadi, saya menggunakan WiFi rumah, tetapi tetap menyediakan kuota karena dikhawatirkan terjadi pemadaman listrik. Selain itu, saya juga menjaga baterai laptop atau perangkat android agar tetap terisi penuh. Tentunya bukan hal yang lucu lagi kalau kita sedang mengerjakan tes ini kemudian terjadi pemadaman listrik dan baterai android kita juga yang sudah beberapa persen lagi. Terakhir, mungkin beberapa dari kalian ada yang laptopnya mengalami lag atau lambat dalam memuat program-program. Saya sendiri tidak menganjurkan kalian untuk mngerjakan di laptop tersebut, lebih baik kita meminjam dari desa, lab sekolah, kampus, teman, dan sebagainya untuk sementara waktu. Untuk persiapan teknis lainnya, tentunya kalian akan mengalaminya sendiri dan amati saja apa yang harus dipersiapkan dan faktor-faktor apa yang saja yang dapat menghambat kalian ketika mengerjakan tes nanti.


Persiapan Tes Bakat Skolastik (TBS) dan Situational Judgement Test (SJT)

Selanjutnya, ketika tes, tes tersebut terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu TBS dan SJT. Sebenarnya, masih ada beberapa dari kita yang beranggapan bahwa nilai TBS itu merupakan satu-satunya yang dinilai oleh pihak LPDP. Perlu kita ketahui juga bahwa SJT pun termasuk tes penting juga. Pertama, untuk TBS biasanya soal terbagi ke dalam 3 kategori, yakni penalaran verbal, penalaran kuantitatif, dan pemecahan masalah. Setiap kategori ari tes tersebut saya menerapkan teknik yang sudah saya jelaskan sebelumnya, yaitu mengutamakan yang mudah terlebih dahulu. Ketika saya memiliki waktu sekitar 5 menitan lagi, sementara soal-soal masih ada beberapa yang belum diisi, ini adalah waktunya saya untuk mengisi terlebih dahulu soal-soal yang belum terjawab, walaupun saya tidak begitu tahu apa isinya. Ketika semuanya sudah selesai diisi, saya meninjau ulang semua jawaban dan mencoba lagi beberapa soal yang bermodalkan tebak-tebakkan tadi, alasannya, siapa tahu saya dapat menemukan jawabannya sambil memanfaatkan waktu yang ada. Selain itu, ada SJT yang mana lebih mudah dan menjawab sesuai dengan kepribadian saya sendiri. Tes kepribadian ini menurut saya menjadi salah satu penilaian pihak LPDP juga karena tidak mungkin dengan hanya menilai dari aspek intelejensi mereka saja, sementara kepribadian juga menjadi pendukung dan pengukur potensi keberhasilan peserta ketika nanti melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Terakhir, setiap kategori dari tes akan diberikan waktu masing-masing secara terpisah. Jadi, saya mengatur sebaik mungkin waktu tersebut ketika mengerjakannya.


Itulah beberapa persiapan yang saya lakukan ketika pengumuman seleksi administrasi sudah diumumkan. Seperti biasanya, di bawah ini saya menulis beberapa poin refleksi yang mungkin dapat menjadi pelajaran besar buat sobat Caravel juga.


1. Kerjakan Semampunya

Hikmah yang pertama adalah kerjakan semampunya. Maksudnya, ini bukan berarti kita mengabaikan usaha, tetapi berjuang sekuat mungkin yang kita bisa. Pada akhirnya, ini semua adalah kententuaNya. Saya pernah melakukan kegagalan SBMPTN di tahun 2016 dan kemudian lulus SBMPTN 2017. Di sini, saya membuktikan bahwa kita hanya perlu berusaha mempersiapkan segalanya dan lakukan perbaikan ke depannya sebagai evaluasi. Dulu, di SBMPTN 2016, saya melakukan kesalahan besar, yakni mengabaikan instruksi soal yang mana menginformasikan para peserta tes akan dikurangi -1 jika mengisi dengan jawaban yang salah dan poin 0 dengan soal yang tidak diisi. Kemudian, saya memperbaiki kesalahan tersebut dengan membaca instruksi terlebih dahulu di SBMPTN 2017 dan ternyata saya lulus karena saya tidak memaksakan harus mengisi jawaban yang tidak yakin seperti di SBMPTN 2016. Jadi, selama kita menerapkan strategi yang berbeda, kita tidak dikatakan sebagai orang yang gagal, tetapi kita dinamakan sebagai 'pembelajar'. Kaitannya dengan tes bakat skolastik ini, yaitu kita jangan terintimidasi dengan soal dulu, tetapi baca saja instruksinya. Saya sempat mengalami ketakutan ketika mengisi bagian matematika karena saya tidak terlalu baik dalam mata pelajaran tersebut. Namun, saya tetap mengerjakannya menggunakan teknik yang sudah saya jelaskan di poin sebelumnya dan di setiap awal pemberian soal, saya membaca  instruksi terlebih dahulu dengan teliti. Akhirnya, usaha pun tidak mengkhianati hasil.


2. Fokus pada Kekuatan

Di sini, saya sadar sekali bahwa kekurangan terbesar saya berada pada matematika. Jadi, saya hanya mempelajari hal-hal yang umum saja di bagian penalaran kuantitatif ini. Misalnya, dalam konsep deret angka, setelah saya mengisi semua soal matematika, saya kembali ke soal deret yang belum saya isi dan berusaha mengenali pola-polanya. Selain itu, saya memaksimalkan diri di bagian tes penalaran verbal untuk mengejar target skor. Alasannya, jika saya terlalu fokus memperbaiki kelemahan saya ini, saya tidak akan fokus kepada kekuatan utama saya di tes verbal. Kalau saya urutkan harapan poin saya berdasarkan prioritas didapatkan dari (1) tes penalaran verbal, (2) tes pemecahan masalah, dan (3) tes penalaran kuantitatif. Di sini target saya benar-benar mengumpulkan skor sesuai yang sudah saya targetkan sebelumnya. Jadi, mulai dari sekarang kalian dapat mencari latihan-latihan soalnya di internet banyak sekali atau di YouTube. Namun, kita harus tetap ingat bahwa prioritas dalam latihan itu juga harus disesuaikan dengan kenyamanan kita di bagian tes yang mana yang verbal, kuantitatif, atau pemecahan masalah. Terakhir, masih berkaitan dengan fokus, tetapi tidak terlalu berkaitan dengan subtopik di atas, yakni makanan. Janganlah makan makanan yang berisiko sebelum besoknya tes seperti makan makanan pedas. Selanjutnya, tidak ada salahnya kita mengonsumsi kafein (kalau kalian tidak punya riwayat penyakit maag), ini akan membantu fokus kita selama mengerjakan tes. Jadi, apapun yang membuat kita fokus selama mengerjakan tes sebaiknya lakukan saja untuk memaksimalkan tingkat fokus kalian. Saya dulu, sejam sebelum mengerjakan tes, sempat mengonsumsi suplemen yang mengandung kafein terlebih dahulu. Suplemen ini membantu saya menghilangkan rasa kantuk dan lelah selama tes.


3. Targetkan skor

Pelajaran ketiga yang saya dapatkan, yaitu menargetkan skor. Pada tes ini, skor maksimal yang dapat kita capai adalah 300. Setidaknya, kita menargetkan 120 supaya berada di titik aman. Sebenarnya, kita dapat menargetkan 100 dalam tes, hanya saja dikhawatirkan ekspektasi skor akan berada di bawah skor. Namun, hal yang harus kalian ketahui juga, ini hanya dugaan saya dan berdasarkan pengalaman apa yang saya alami, kemungkinan besar juga, tim penyeleksi LPDP akan mempertimbangkan secara matang dalam SJT juga. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, kemungkinan besar tim penyeleksi LPDP akan menyeimbangkan antara intelejensi dan kepribadian kita juga. Lebih jelasnya, skor kalian nanti akan muncul setelah mengerjakan soal-soal TBS semuanya sebelum masuk ke SJT. Jadi, jika nilai kalian pas 100 atau di bawah seratus, jangan langsung mengklaim bahwa kalian akan gagal melewati tes ini, tetapi kalian harus benar-benar masksimalkan energi kalian ketika mengerjakan SJT. Ini setidaknya akan menjadi harapan kita agar hasil tes kepribadian tersebut menjadi data pendukung sebagai bahan pertimbangan juga untuk para tim penyeleksi LPDP.


UPDATE!

Untuk LPDP Gelombang 1 Tahun 2023, passing grade dimunculkan pada saat pengumumannya. Berikut adalah passing grade untuk setiap kategorinya:

- Program Beasiswa Umum: 150

- Program Beasiswa Targeted Group: 120

- Program Beasiswa Afirmasi: 90


Gambar Lulus Tes Bakat Skolastik by Yadi - Caravel
Pengumuman Lulus Seleksi Bakat Skolastik


Itu saja yang dapat saya bagikan dari mulai persiapan sebelum tes dan apa yang harus dilakukan selama tes. Sesudahnya, kita berdo'a dan jangan lupa memberikan penghargaan terhadap kerja keras kita. Saya dulu menyempatkan liburan ke Curug Dua Ciparay, Tasikmalaya untuk melihat alam dan meditasi sederhana, yakni menarik nafas secara mendalam, kemudian mengeluarkannya dengan pelan-pelan dengan penuh kesyukuran, kebahagiaan, dan kepuasaan atas kesempatan yang sudah Allah berikan kepada saya. Semoga postingan ini bermanfaat untuk kalian. Good luck and Much Success! Indonesia membutuhkan generasi harapan selanjutnya, yakni KITA. 😊


Artikel selanjutnya >>  Lulus Seleksi Substansi LPDP dan Berbagai Cerita di Baliknya

91 comments:

  1. Halo, kak. Salam kenal. Terima kasih atas artikel mengenai tes bakat skolastik yang kakak buat, cukup membuat saya lebih tenang dan tercerahkan untuk menghadapi hari tes tepatnya besok, 5/9/22 (heheh). Semoga saya juga bisa mengikuti jejak kakak untuk lolos seleksi tes bakat skolastik ini dan seleksi tes substansi kelak, aamiin. Sekali lagi, terima kasih banyak, kak. Sehat dan sukses selalu, yaaa.^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin ya rabb. Bismillah... Do'a terbaik ya, semoga dilancarkan segalanya besok. Good Luck! ^_^

      Delete
    2. kak saya baru selesai skolastik tes. Dan nilai saya tidak tinggi (dibawah 150). Apakah masih ada kemungkinan untuk lulus ya kak?

      Delete
    3. Saya malah masih di bawah kakak dulu. Entahlah, mungkin mereka menilai dari banyak aspek juga misalnya dari SJT juga. Nilai segitu udah cukup aman klo dibandingkan dengan saya dulu hehe 😊

      Delete
    4. Kak halo nilaiku 155 dengan kuantiatif yang rendah banget :(

      Delete
    5. Itu kakak 155 udah aman deh kayaknya lihat passing grade yg 2023 gelombang kemarin. Btw, kakak daftar beasiswa lpdp yang mana? Semoga diberikan hasil yang terbaik ya kak. Amiinn.. Bismillah :)

      Delete
  2. Halo kak, kalo boleh tau skor kakak berapa ya? Karena tadi skor saya 175 😭 dapet info dari teman katanya untuk tujuan LN skor minimal 195 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. No, aku di bawah kak Iim malah. Tapi masih bisa lulus LN juga. Santuy saja, kayaknya tim LPDP bukan hanya menilai dari bagian ini saja deh. Tes SJT juga keknya bener-bener berpengaruh juga deh buat pertimbangan mereka nantinya. Semangaaat kak! Bismillah, you will make it! Amiin ya rabb..

      Delete
    2. Masya Allah kak, terima kasih banyak informasinya. Sangat menenangkan jawabannya karena saya galau juga seperti judul blog kak yadi 🙂😁 Amin Ya Allah, terima kasih banyak kak semangatnya 🤲 semoga bisa mengikuti jejak Kak Yadi lolos beasiswa LPDP ke luar negeri 🤲

      Delete
    3. Sama-sama, kak. Semangat! ^_^ Amiin ya rabb..

      Delete
  3. Postingan yang menenangkan,
    btw ada tips wawancara gak kak? Esaiku ancur banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. akan publish soon, kak. Ditunggu saja hehe... pantau saja ^_^

      Delete
  4. Info dong kak, nilai maksimal untuk tiap komponen (verbal, penalaran kuantitatif, dan penyelesaian masalah) masing-masing berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak, bantu jawab ya. Jadi kalau diambil skor maksimal sebesar 300 dari 60 soal berarti jadinya jumlah soal untuk tiap komponen * 5
      Verbal 23 soal * 5 = 115
      Kuantitatif 25 soal * 5 = 125
      P. Masalah 12 soal * 5 = 60

      Semoga terbantu, maaf kalau salah hehe

      Delete
    2. berarti soalny 60 saja ya mas? waktu pengerjaan berapa ya?

      Delete
    3. Yups, 60 soal. Waktu keseluruhan 135 menit kalau saya dulu dan dibagi verbal 30 menit, kuantitatif 40 menit, pemecahan masalah 20 menit, dan SJT 45 menit.

      Delete
  5. Sangat membantu menjelaskan kegalauan. Tapi sepertinya test kuantitatif akan berpengaruh pada mereka yang meminati jurusan sains dan teknik. Setujua juga kalau mereka akan melihat test kepribadiannya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, kak. Tes kuantitatif mungkin akan menjadi pertimbangan lebih untuk yang jurusannya yg lebih ke ilmu eksakta. Hehe

      Delete
    2. berarti yang jurusan eksakta dan soshum beda ya kk? saya kira sama semua. ada verbal, kuantitatif dll

      Delete
    3. Berdasarkan dari pengalaman LPDP tahun 2022 kemarin, temen saya yang lulus ke ITB, dia ilmu eksakta dan soalnya sama juga dengan yg non eksak juga semuanya. Hanya saja, "kemungkinan" dalam hal penilaian mereka, hasil dr pengisian kuantitatif menjadi pertimbangan lebih untuk yang pilih jurusan ilmu eksakta.

      Delete
  6. Halo kak Yadi. Terima kasih banyak ya kak untuk sharing nya di postingan ini. Jujur saya baru saja menyelesaikan TBS LPDP dan langsung kecewa sama hasil, total skor saya hanya 165 out of 300. Waktu saya baca postingan kakak dari awal sampai akhir, rasanya sangat sangat sangat mewakilkan perasaan ini yang merasa insecure sm hasil yg sy dapat. Btw, sy jadi merasa gak sendiri setelah kakak tulis di atas bahwa kakak kurang mahir dlm mata pelajaran matematika :'(
    Trims bnyak ya kak Yadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ki Hadjar Dewantara pernah berkata bahwa "padi tidak akan pernah bisa menjadi jagung". Setiap orang punya kemampuan dan keunggulan masing-masing. So, that's okay, kak. Yang penting kita sudah berusaha semaksimal mungkin, dan masalah hasil, kita serahkan saja kepada Tuhan. Best of luck, kak. Semoga dilancarkan segala prosesnya. Amiin ya rabb. :)

      Delete
  7. Halo Kak Sy Henri, Thanks utk pencerahan utk TBS nya kak, utk tes substansi apakah ada artikelnya jg kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kak. Di bawah artikel di atas, saya sudah menyediakan tautannya ya kak. Boleh diklik ya tautan tersebut.

      Delete
  8. Halo kak, postingannya sangat membantu sekali. Saya mau bertanya, apakah utk pengalaman kk di bagian tes verbal apakah banyak soal mengenai sinonim antonim? atau lebih banyak analogi? Terimakasih sebelumnya ya kk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lupa lagi, kak. :/ tapi selama itu masuk tes verbal, yang penting latihan saja semuanya. Kalau saya dulu begitu. hihi

      Delete
  9. Halo ka, Thanks banget utk postingannya yg sangat menenangkan. Aku baru siap tes TBS LPDP Tahap 1 2023 nih, tapi skornya down banget, cuma 125.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat, kak. Segitu insha Allah sudah aman. In fact, nilai aku dulu masih di bawah kak sedikit. :)

      Delete
  10. Halo kak, thanks banget untuk postingannya yg sangat bermanfaat n menenangkan. btw, aku baru aja siap tes TBS nih, tapi skornya jauh dari sempurna, cuma dapet 125/300.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insha Allah segitu sudah aman mungkin ya kak. Soalnya aku dulu malahan di bawah kakak nilai nilainya. Tapi mungkin berdasarkan pertimbangan yang lainnya juga mulai dari jurusan yang di pilih, hasil SJT, dan lainnya. Semoga sukses selalu kak. :)

      Delete
    2. Alhamdulillah kak, aku lulus. soalnya utk targeted PG nya 120.. :)

      Delete
    3. Alhamdulilah, kak. Glad to hear that. Much success dan semangat buat seleksi selanjutnya, kak. Semoga dilancarkan. Amiin ya rabb.. :)

      Delete
  11. apply di Targeted (PNS) Doktor LN, nilai cuma 120... nangiiiiss..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak apa-apa, kak. Yang penting kakak sudah berjuang dengan maksimal. Nilai ini sepertinya hanya salah satu pertimbangan saja, kak. Nilai aku malah masih di bawah kakak. :) Semoga sukses selalu, kak.

      Delete
  12. Mohon maaf mau tanya, skor SJT memang tidak langsung keluar hasilnya ya? Tadi saya habis tes yang keluar hanya skor 3 tes skolastik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kak. Setahu saya dulu juga hanya skor 3 tes yang muncul. Skor SJT dulu tidak ada, kak. Mungkin ini hanya bahan pertimbangan tambahan selain dari skor 3 tes sebelumnya. Good luck, kak. ;)

      Delete
  13. kak kalo dpt nilai 140 ada kemungkinan lolos ga ya galau bangett

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sudah besar lah nilainya daripada saya dulu masih di bawah, kak. hehe.. Kemungkinan besar mereka menilai bukan dari ini saja, kak. Much success and Good luck, kak.

      Delete
  14. aku barusan ujian tbs, skor 115 . ya Allah. aku beasiswa reguler doktor dlm negeri bidang bahasa. kira2 gimana itu kak, apa adyg lulus dg skor segitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah, kak. Mudah"an ada rezekinya. Amiin ya rabb. :)

      Delete
  15. Kaak. Aku baru kelar TBS dan skornya 120. Kecewa dn frustasi bnget. Soalnya kmren itu aku gk lolos administrasi dan ajuin sanggah, tp awalnya ttp dinytkan g llos. Pas cek tgl 22 trnyta lolos. Awalnya udh hopeless, jd g belajar samsek. Dn tb2 jdwal ujian hari ini, waktunya bener2 mepet dn td bener2 pasrah. Mudh2n lolos kak. Huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temen saya yang lolos ke ITB juga kasusnya sama begitu ada sanggah pas di seleksi administrasi sampai akhirnya dia lolos sampai tahap akhir. 120 mah udah aman lah inshaAllah. Kalo gak saya masih di bawah kakak malahan. Tapi kayaknya banyak penilaian bukan hanya dari skor ini saja. Good luck, kak. Much success pokoknya. :)

      Delete
  16. kak, skor aku cuman 115 utk beasiswa reguler doktor dlm negeri. barusan selesai test.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah lancar selalu, kak. Mudah"an mendapatkan hasil terbaik. Amiin ya rabb. :)

      Delete
  17. Nilai TBS dibawah 100, kurang fokus karna kenal tipes di hari tes😓 Ada kemungkinan lolos ga kak? Nilai di bawah 100?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Intinya, jangan khawatir lihat skor ini juga sih, kak. Kita gak tahu penilaian mereka dari mana saja. So stay calm saja dan berdo'a. Mudah"an diberikan hasil yang terbaik ya kak dan get well soon juga buat kakak. Amiin ya rabb

      Delete
  18. Kalau boleh tau waktu ngambil lpdp lewat jalur apa kak

    ReplyDelete
  19. Terima kasih kak untuk postingannya yg bermanfaat :)
    Saya barusan tes hari ini dapat score 160 kak jalur reguler, jujur saya agak insecure karena passing grade tahap 2 tahun lalu 170 dan beberapa teman di grup mendapat score melebihi itu kak :(. Apakah menurut kakak, SJT juga dipertimbangkan?

    Thanks in advance kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget, kak. SJT gak mungkin diberikan kalo tidak ada tujuan sama sekali. Bisa jadi yang nilainya kecil akan dipertimbangkan di SJTnya atau bagaiman sistem penilaian mereka lah. Yo sama-sama, kak. Good luck! itu udah lumayan nilainya gede banget. Bismillah. Semoga diberikan hasil yang terbaik, kak. Amiin.

      Delete
  20. HAaaaa aku sedih banget dpt 120:''(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah besar segitu mah, kak. Aku dulu kalau gak salah masih di bawah kakak. Keknya LPDP juga mempertimbangkan banyak hal lainnya juga. Bawa santuy aja. Semoga diberikan hasil yang terbaik, kak. Amiin :)

      Delete
  21. Hai Kak Yadi, makasih banyak udah bikin tulisan ini. Bermanfaat sekali! Barusan abis tes dan ketika mengerjain tesnya ngerasa banget soalnya lebih susah dari pada latihan-latihan sebelumnya. Jujur udah agak down dari awal ketika ngerjain dan liat skor cuman 135 hati rasanya mencelos. Tapi abis baca blog mu jadi lebih tenang. Betul banget yang penting sudah usaha maksimal dan hasilnya berserah aja. Makasih yaa Kak Yadi!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kak. Dibawa santai saja. Kalau sudah rezeki inshaAllah gak bakal ke mana. 😇 Semoga diberikan hasil yang terbaik, kak. 🙏🏻 Amiin ya rabb..

      Delete
  22. Kak kalau skor 195 aman ga ya? Saya ga tenang dan kepikiran terus dari tadi TT ada yg blg targetnya 200 ya kalai reguler LN TT hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut saya ini sudah besar nilainya. Teman saya ada yang dapet 195 juga sama wkw.. saya juga LN dan lumayan jauh di bawah kakak nilai. Insha Allah aman kak. Mereka juga mungkin bukan lihat dari skor ini saja. Semoga diberikan hasil yang terbaik ya kak. Bismillah. Amiin 🙏🏻🤗

      Delete
    2. Kaak aku lulus SBS. Selanjutnya tinggal tes wawancara :")

      Delete
    3. Alhamdulilah. Senang sekali mendengarnya. Congrats, kak. Semangat terus! ;) Lanjut persiapkan substansi, kak.

      Delete
  23. Kak, scoreku cuman 115 ngambilnya Afirmasi Daerah. Aku insecure+ OVT ngelihat nilai aku yang segitu, kemarin habis ngerjain auto nangis. Perjuangan banget. Makasih yah kak buat share pengalaman kakak. Semoga aku bisa lolos tahap ini.🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat kak! sama-sama. :) InshaAllah kalau rezeki tidak akan tertukar. Yang terpenting sekarang tinggal berdo'a dan merencanakan Plan B, C, dll. Semoga mendapatkan hasil yang diharapkan ya kak. Amiin ya rabb!

      Delete
  24. halo kak, mau tanya dong untuk tes SJT nya pakek bahasa inggris kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu kalau saya pakai Bahasa Indonesia semuanya, kak.

      Delete
  25. Permisi kak Yadi, aku baru selesai tes (7 Agustus 2023) untuk tes tahap 2, kira kira berapa lama ya kak untuk hasil seleksinya dari tanggal tes? aku dapat skor 150 total dari 300 (85 di verbal, 35 di kuantitatif dan 30 di pemecahan masalah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulilah 150 kayaknya sudah aman kalo standar passing gradenya sama dengan gelombang 1 ya kak. Semoga diberikan hasil yang terbaik nanti, kak. Amiin ya rabb. Saya cek di websitenya tanggal 16 Agustus kak. Best of luck!

      Delete
    2. Halo kak yadi, mau tanya kak. Apakah passing grade di tahap 1 dan tahap 2 biasanya sama? Terima kasih sebelumnya kak

      Delete
    3. Halo kak, kak mau tanya. Apakah passing grade tahap 1 dan 2 berbeda kak? Thanks before

      Delete
    4. Kurang tahu kalau masalah itu, kak. Hanya saja saya mendapatkan info tersebut dari teman saya yang mengerjakan TBS di gelombang 1 kemarin. Mungkin bisa tetap atau berubah, kak.

      Delete
  26. makasih banyak kak buat postingannya, agak tenang setelah baca tapi tambah was was juga, aku gagal di tahap 1 kemarin kak, sekarang coba apply lagi di tahap 2 tapi nilaiku turun drastis kak, cuma dapet nilai 70, 40, 40. dengan nilai segitu apakah aman kak? mohon pencerahannya😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah, kak. Semoga diberikan hasil yang terbaik ya. Semangat teruss, temen saya ada yang sudah nyoba beberapa kali dan akhirnya berhasil sampai lolos seleksi substansi. :) Oh iya, kakak jalur beasiswa lpdpnya yang mana ya?

      Delete
  27. Kak.. saya habis aja tes.. itu kakak bilang score maximal 300.. targetnya 120.. itu maksutnya apakah setelah di total dari nilai verbal, + kuantitatif + pemecahan masalah?

    Atau itu verbal harus minimal 120 kuantitaif 120 pemecahan 120?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya dulu pas tahun 2022 gel 1 tidak ada passing grade gitu jadi saya memperkirakan dari keseluruhan minimal 100 atau 120 udah aman. Ternyata, ada update terbaru passing grade tahun 2023 gel 1 muncul dari temen saya yg sempat ikut TBS di bawah artikel saya sudah tuliskan skornya untuk tiap jalurnya.

      Delete
    2. Sepertinya yang dimaksud adalah total Nilai maksimal masing-masing tes adalah (115, 125, dan 60)

      Delete
  28. sy dpt 140 nih,
    apakah rata2 minumum akan slalu 150 mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tahu, kak kalau soal itu. Soalnya kemunculan passing grade ini baru di gelombang 1 tahun ini sejauh yang saya tahu. Mari kita lihat saja nanti pas pengumumannya. Mudah"an diberikan hasil yang terbaik ya, kak. Amiin ya rabb...

      Delete
    2. alhamdulillah sy lulus kak,
      tahun ini min skor 140, paspasan bgt nih

      Delete
    3. Alhamdulilah berarti berubah ya passing gradenya. Selamat, kak. Mudah"an dilancarkan di seleksi berikutnya dan diberikan hasil yang terbaik, kak. Best of luck! :)

      Delete
  29. baru aja tes.. hasilnya 185, utk target LN. Alhamdulillah, tapi masih takut juga karena ada yg bilang Reguler LN for master passing gradenya 190 😭.. Btw nice thread gan 😁👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah, kak. Mudah"an diberikan hasil yang terbaik ya. Amiinn ya rabb..

      Delete
  30. Terima kasih atas informasi dan testimoni dari teman-teman sekalian.

    Saya baru selesai mengerjakan tes, dapet nilai (75+85+40) tapi masih saja ngerasa insecure dan menyesal.

    Semoga hasil yang terbaik bersama kita semua ya teman-teman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin ya rabbal alamin... Semangaat kakak" pejuang LPDP semuanya! Hasilnya bagaimanapun itu tetap terbaik. Yang belum berhasil jangan menyerah (teman saya juga ada yang coba beberapa kali LPDP sampai akhirnya jatah gagalnya habis alias berhasil, sungguh menginspirasi saya perjuangan beliau) dan yang sudah berhasil bersiap-siap untuk seleksi selanjutnya. :) Best of luck!

      Delete
  31. Kakkk scoreku 135 untuk tbs batch 2 ini, kira2 bisa lolos gak ya kak😭😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. InshaAllah, kak. Karena passing grade gelombang 1 kemarin bisa saja turun atau malah naik. Yang penting sekarang serahkan sisanya kepadaNya. Semoga diberikan hasil yang terbaik ya, kak. Amiin ya rabb...

      Delete
  32. hallo kak, overall nilai TBS yg keluar 135. kira2 menurut pengalaman kakak gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung jalurnya, kak. Kakak jalur lpdp yang mana ya?

      Delete
    2. jalur umum kak

      Delete
  33. Permisi kak izin bertanya. Kalau daftar tanpa LoA apakah nanti perlu mengikuti tes ujian masuk di universitas kak? Saya ambil lpdp prasejahtera dalam negeri, nah saya bingung..kalau sudah lolos seleksi LPDP apakah masih perlu ikut ujian lagi atau langsung diterima di univnya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dengan saya, kak. Saya juga jalur prasejahtera dan tanpa LoA dulu. Kalau masalah tes lagi, itu tergantung universitas dan lebih spesifiknya jurusannya. Misalnya, saya sekarang masuk University of Turku. Dulu saya hanya diminta menuliskan essay dan di jurusan yang lain bahkan ada yang harus tes lagi.

      Ada 3 kemungkinan, yaitu tanpa tes (urus persyaratan administrasi saja langsung untuk masuk PTnya), tes berupa essay, atau tes spesifik dari jurusan (berupa soal-soal).

      Delete
  34. Kak mau nanya, jadi kalau ketentuannya tidak ada pengurangan nilai, berarti harus diisi semua ya? Tapi kalau ada pengurangan nilai, hanya diisi yg bisa saja? Lalu untuk sistemnya, kalau nilainya sama dengan atau melebihi passing grade berarti pasti lolos ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kak. Penting sekali membaca instruksinya sebelum mengerjakannya. Kemudian, jika nilainya pas dan bahkan melebihi passing grade, InshaAllah sudah lolos kak. Namun, passing grade terbaru juga dulu muncul bersamaan dengan hasil TBSnya. Jadi, bisa berubah sewaktu-waktu. Intinya, passing grade tahun lalu dijadikan sebagai acuan dasar untuk kita mendapatkan nilai lebih besar daripada passing grade tersebut.

      Delete

Pages