Mengenal Part of Speech atau Jenis Kata dalam Bahasa Inggris: Noun, Verb, Adjective, dan Adverb


Hello, Caravel. Setelah kita mengetahui Kesalahan-kesalahan Umum dalam Berbahasa Inggris, di postingan sekarang ini, kita akan mulai membahas part of speech atau dalam Bahasa Indonesia bisa kita kenal sebagai jenis kata. Dalam menghafal kosakata, kita tidak hanya cukup mengetahui kata per katanya saja, tetapi kita harus bisa menggunakan kata tersebut dalam konteks yang tepat. Salah satu untuk mengetahui kata sesuai konteksnya, yaitu dengan mengenal jenis dari kata per kata sehingga kita berbahasa Inggris lebih baik, terutama dalam kemampuan menulis. Semua jenis kata dalam Bahasa Inggris totalnya ada 8, yaitu: Noun (Nomina/Kata Benda), Verb (Verba/Kata Kerja), Adjective (Adjektiva/Kata Sifat), Adverb (Adverbia/Kata Keterangan), Preposition (Preposisi/Kata Depan), Pronoun (Pronomina/Kata Ganti), Conjunction (Konjungsi/Kata Penghubung), dan Interjection (Interjeksi/Interjection). Namun, sekarang kita bahas dulu 4 jenis kata, yah.

 

1. Noun (Nomina/Kata Benda)

     Nomina merupakan jenis kata yang paling utama dan penting untuk kita ketahui, karena dalam berbahasa Inggris sebagian besar yang kita libatkan di dalamnya, yaitu salah satunya nomina. Secara umum, jenis kata dalam Bahasa Inggris ada 11 jenis kata benda, yaitu: Abstract Noun (Kata Benda Abstrak), Concrete Noun (Kata Benda Konkret), Common Noun (Kata Benda Umum), Proper Noun (Kata Benda Spesifik), Singular Noun (Kata Benda Tunggal), Plural Noun (Kata Benda Jamak), Countable Noun (Kata Benda Dapat Dihitung), Uncountable Noun (Tidak Dapat Dihitung), Collective Noun (Kata Benda Kolektif), Compound Noun (Kata Benda Majemuk), Possessive Noun (Kata Benda Posesif). Selain itu, secara morfologis, pembentukan kata benda biasanya dapat dibentuk dengan menambahkan akhiran -ness, -ment, -tion, -ion, -ity, -er, -ism, -ant, -ship, -age, -ery, dan sebagainya. Sebenarnya banyak sekali yang perlu dibahas setiap jenis kata termasuk kata benda ini. Di postingan selanjutnya Caravel akan menemukan pembahasan secara spesifik untuk setiap jenis katanya.

 

Contoh: I eat an apple

Coba perhatikan kata yang digarisbawahi, jenis kata tersebut tergolong ke dalam nomina atau kata benda. Jika beberapa dari kalian ada yang masih bingung kenapa "I" termasuk benda? jawabannya kita coba kembali bahas sains sedikit. Benda di alam digolongkan menjadi dua bagian, yaitu benda hidup (biotik) dan benda tidak hidup (abiotik). Nah, sekarang berarti sudah jelas yah bahwa "I" juga benda karena kita juga termasuk benda hidup (biotik) haha. :)


2. Adjective (Adjektiva/Kata Sifat)

     Adjektiva atau kata sifat ini merupakan pasangan yang tidak terlepas dari nomina. Setiap nomina baik itu benda mati atau hidup, tentunya mempunyai sifat. Secara umum, adjektiva terbagi dua jenis, yaitu adjektiva yang berfungsi menggambarkan nomina (descriptive adjective) dan adjektiva yang berfungsi mendefinisikan nomina (defining adjective). Descriptive adjective terbagi lagi menjadi 2, yaitu adjektiva atributif dan adjektiva predikatif. Selanjutnya, defining adjective juga terbagi ke dalam 9 jenis, yaitu definite & indefinite article, possessive adjective, demonstrative adjective, indefinite adjective, interrogative adjective, cardinal adjective, ordinal adjective, proper adjective, dan noun adjunct. Secara morfologis, adjektiva dapat diidentifikasi dengan melihat dari akhiran katanya, seperti -able, -ant, -al, -ary, -ful, -ic, -ious, -ive, -less, dan sebagainya. Tentunya, karena banyak hal yang masih perlu dibahas di bagian adjektiva ini juga secara lebih rinci, di postingan selanjutnya kita akan membahas adjektiva lebih jelas lagi.

 
Contoh: A good book

Kata yang digarisbawahi "good" merupakan kata sifat  yang artinya "bagus". Kata sifat "good" ini memberikan gambaran/informasi lebih tentang bagaimana buku tersebut. Jadi, sekarang Caravel paham yah bahwa adjektiva itu sangat penting sekali untuk memberikan informasi lebih jelas terhadap suatu nomina.


3. Verb (Verba/Kata Kerja)

     Verba atau biasa disebut dengan kata kerja juga salah satu jenis kata yang harus kita perbanyak ketika kita belajar Bahasa Inggris. Kata kerja berfungsi sebagai kata yang menunjukkan apa yang dilakukan oleh subjek dari suatu kalimat. Dalam hal tipologi linguistiknya, jenis kata kerja sangat banyak sekali, tetapi jenis verba dasar yang perlu kita ketahui di antaranya, yaitu regular verb, irregular verb, linking verb, transitive verb, intransitive verb, finite verb, dan infinite verb. Lebih lanjut, verba biasanya lebih mudah diidentifikasi karena akhirannya yang tidak terlalu banyak dibandingkan dengan jenis kata yang lainnya. Contohnya, akhiran -ed, -en, -er, -ing, -ize, -ise dan lainnya. Walaupun verba ini terdengar kompleks dalam tipologinya, tetapi, jangan khawatir, Caravel! nanti di  postingan lainnya  kita akan membahas secara intensif untuk setiap jenis verbanya.

 
Contoh: I eat an apple

Kata "eat" yang berarti "makan" merupakan jenis kata yang tergolong ke dalam verba. Kata kerja tersebut memberikan informasi apa yang dilakukan oleh subjek "I".

 
 

4. Adverb (Adverbia/Kata Keterangan)

     Adverbia atau kata keterangan adalah jenis kata yang berfungsi untuk memberikan keterangan pada adjektiva, verba, dan kalimat. Adverbia lebih mudah diidentifikasi karena hanya ada beberapa jenis kata keteranngan. Contohnya, adverb of manner, adverb of frequency, adverb of time, adverb of place, adverb of degree, adverb of evaluation, dan conjunctive adverb. Kemudian, untuk mengidentifikasi adverbia biasanya jenis kata ini diakhiri dengan -ly, -ward, dan -wise. Tentunya, adverb juga akan kita bahas secara rinci di postingan khusus nanti.


Contoh: I run quickly

Kata "quickly" yang artinya "dengan/secara cepat" merupakan kata keterangan atau adverbia. Kata "quickly" tersebut memberi penjelasan/informasi lebih dari verba "run", yakni bagaimana dia berlarinya.


Mungkin itu saja untuk postingan kali ini, yah. Kalau Caravel masih sedikit bingung dengan penjelasan di atas mungkin bisa coba menonton penjelasan saya melalui video pembelajaran di bawah ini. :)


No comments:

Post a Comment

Pages