Cara Mengatur Folder dan Berkas di Laptop/Komputermu sebagai Anak Kuliahan



     Meskipun seringkali terdengar sebagai hal yang sepele, kadang-kadang ada beberapa di antara kita yang mengalami kerumitan dalam menata folder, khususnya buat mereka selalu mengerjakan tugas dan mengunduh jurnal-jurnal sampai menumpuk di mana saja. Suatu saat mungkin kita akan kebingungan mencari berkas tersebut, bahkan kita sampai harus cari di kolom search lokasi berkasnya di mana dan lebih parahnya lagi kita lupa nama berkasnya apa. Singkat cerita, saya dapatkan ilmu ini dari Katherine Olston, seorang Wakil Direktur (Digital Learning) di University of Sydney. Berikut adalah cara bagaimana untuk menata folder dan berkas di komputer kalian atau gadget apapun yang kalian miliki.

1. Mengatur Folder

  • Untuk pengaturan folder, kalian lebih buat dulu folder pertama kalian,
  • Selanjutnya di dalam folder tersebut kalian buat folder lagi dengan format tahun, semester berapa,
  • Setelah membuat folder tahun dan semester, selanjutnya buat folder kelas yang sudah kalian ambil berdasarkan mata kuliah yang kalian kontrak dengan format Class A/B/C/dst.,
  • Sekarang buat folder daftar mata kuliah yang kalian ambil dengan format nama mata kuliah_kode mata kuliah tersebut (kode mata kuliah biasanya tertera di website univ kalian). Saya biasanya menyingkat mata kuliah tersebut, contohnya seperti mata kuliah Advanced English Pronunciation menjadi AEP,
  • Terakhir kalian buat folder Assignments-Exams (untuk menyimpan berkas tugas, project, atau uas/uts), Lecture notes and slides (untuk menyimpan berkas catatan penting kita, ppt kita atau ppt yang diberikan oleh dosen), Readings (di sini tempat menyimpan e-books kalian alias akan menjadi perpustakaan mata kuliah tersebut. E-book tersebut biasanya suka dikasih dosen atau hasil kita mencari sendiri) dan yang terakhir yaitu folder Syllabus-SU Outline (SU kepanjangan dari univ saya Siliwangi University, kalian sesuaikan saja dengan univ kalian. Di sini folder tempat kalian menyimpan silabus).

2. Mengatur Berkas

Untuk memberi nama berkas, supaya lebih tertata, kalian dapat mengikuti langkah berikut.
  • E-book: untuk e-book (seperti jurnal atau artikel ilmiah lainnya) kalian bisa mengkuti format ini nama pengarang_tahun publikasi_kata kunci/judul buku. Kalau nama pengarang tidak diketahui cukup beri nama Anonymous dan jika tanggal tidak diketahui juga, cukup beri nama nd.

  • Assignments: untuk berkas tugas, beri nama berkas dengan format YYYYMMDD_Kode Mata Kuliah_Assignment/Tugas_(submitted). Jika tugas sudah diserahkan ke dosen kalian bisa tambahkan 'submitted'  di akhir nama berkas tersebut atau misalnya proposal penelitian yang sudah direvisi dosen bisa ditambah "revised" tergantung keperluan.
  • Slides and Notes: untuk berkas PowerPoint dan Catatan kalian, bisa beri nama dengan format YYYYMMDD_Kode Mata Kuliah_Nama Mata Kuliah_details. Details bisa ditambahkan seperti kata kunci atau minggu ke berapa berkas tersebut dibuat, sesuai keperluan saja. Kalau contoh saya berikut, tidak memakai details sama sekali dan juga jarang membuat catatan di laptop ataupun gawai. Jadi, sesuaikan saja dengan preferensi kalian.
  • Syllabus: untuk berkas silabus kalian cukup memberi nama berkas dengan format Kode Mata Kuliah_Syllabus/Silabus

Itulah demikian cara agar folder dan berkas kalian tertata rapi, tidak menutup kemungkinan ada beberapa di antara kita yang sangat memerlukan hal ini. Selain itu, saya membagikan postingan ini berdasarkan apa yang saya persiapkan sebelum masuk universitas. Cara ini sangat efektif agar berkas kita tertata rapih dan mudah mencarinya di kala kita memerlukannya kembali suatu saat. Sebenarnya, ini bukan merupakan suatu keharusan, namun sebagai salah satu cara untuk kita sebagai akademisi yang baik, maka alangkah lebih baiknya kita lebih berusaha tertata dalam hal apapun. Terlebih jika kalian mempunyai cara untuk menata folder dan berkas lebih baik lagi, bisa kalian share di kolom komentar yah. :) Sekian untuk postingan kali ini, semoga bermanfaat buat kalian, especially baru ingin masuk universitas.

No comments:

Post a Comment

Pages