Ungkapan Bahasa Inggris yang Sering Digunakan di dalam Kelas


Hey, Caravel! Nah, setelah postingan yang lalu kita lebih membahas ke morfologi, yaitu Mengenal Part of Speech atau Jenis Kata dalam Bahasa Inggris: Noun, Verb, Adjective, dan Adverb. Pembahasan kali ini akan sedikit lebih kontekstual di mana kita akan belajar memahami beberapa ungkapan yang sering kita gunakan di dalam kelas baik itu yang biasanya diujarkan oleh guru atau siswa. Jadi, jika ada dari beberapa dari kalian yang  pelajar atau pengajar Bahasa Inggris, postingan kali sangat tepat dan insha Allah akan bermanfaat buat kalian untuk digunakan di dalam kelas. Berikut adalah beberapa ungkapannya.

 

1. Ungkapan Bahasa Inggris yang sering digunakan oleh guru di dalam kelas 

1) Take attendance/roll call

Ungkapan ini artinya, yaitu "mengabsen". Jika beberapa dari kita adalah guru Bahasa Inggris, maka ungkapan ini akan sangat membantu kalian untuk memberitahu siswa bahwa kita akan mengabsen mereka satu per satu. Contohnya, kita dapat mengatakan "let's take attendance/roll call first".

2)  Put up/raise your hand

Ungkapan yang satu ini artinya kurang lebih "angkat tangannya". Ungkapan ini biasa digunakan oleh guru jika meminta siswanya ada yang ingin menjawab atau tidaknya. Namun, kita harus hati-hati jika ingin menggunakan ungkapan ini ketika menyebutkan "hands"dan "hand" karena "hands" berarti kedua tangannya diangkat, sedangkan "hand" berarti hanya satu tangan saja yang diangkat.

3) Take out your ...

Kalian bisa gunakan yang satu ini ketika meminta anak-anak mengeluarkan alat-alat tulisnya, laptop, dll. Arti ungkapan ini kurang lebih "keluarkan ...-mu".

4) Take your seat(s)

Ini biasanya digunakan guru untuk meminta peserta didiknya untuk duduk. Biasanya, sebelum kelas di mulai, guru akan berbicara "silahkan duduk di bangku kalian masing-masing". Dalam Bahasa Inggris, kita dapat mengatakan "take your seats, please!".

5) Turn to page ...

Yang satu ini sering digunakan ketika peserta didik diminta untuk membuka halaman tertentu dari sebuah buku. Jadi, guru bisa mengatakan "Alright, now, you guys please turn to page number 65!" yang mana artinya kurang lebih "Baiklah, sekarang, kalian tolong buka halaman 65!"

6) Work in pairs, groups (of ...)

Ungkapan ini digunakan ketika meminta anak-anak untuk bekerja dalam kelompok (group) atau berpasangan (pair). Contohnya, kita bisa mengatakan "Now, you have to work in groups of 4" yang artinya "Sekarang, kalian harus bekerja dalam kelompok (4 orang setiap kelompoknya)". Sementara itu, jika hanya berpasangan kita bisa mengatakan "Now, you have to work in pairs".

7) Pay attention to ...

Ini artinya "perhatikan ...". Ungkapan ini dapat digunakan oleh guru sebagai perintah agar semua siswa memperhatikan sesuatu. Contohnya "now, pay attention to this!" yang mana artinya "Sekarang, perhatikan ini!"
 
 

2. Ungkapan Bahasa Inggris yang sering digunakan oleh siswa di dalam kelas

 1) Tidak terdengar 

Ada beberapa ungkapan yang dapat kita gunakan sebagai siswa di kelas jika penjelasan yang guru sampaikan luput atau tidak terdengar.

* I didn't catch the (last part) / (part about ...)

Ungkapan ini dipakai jika kita luput beberapa penjelasan dari guru kita. Arti dari ungkapan ini, yaitu "Saya tadi tidak menangkap (bagian terakhir) / (bagian tentang ...). Jadi, kalian bisa mengatakan seperti ini "Sir, sorry, I didn't catch the part about astronomy"

* Could you (repeat that, please?) / (say that again?)

Ini ungkapan yang sangat sering kita gunakan dalam Bahasa Indonesia juga, arti dari ungkapan ini, yaitu "Tolong, bisakah Anda/Bapak/Ibu (mengulangi yang itu?) / (mengatakannya lagi?). Contohnya, ketika kita di kelas, kita dapat mengatakan "ma'am, could you say that again, please?).

* I didn't (hear/catch) what you said after ...

Yang ini artinya kurang lebih seperti "Saya tadi tidak begitu mendengar apa yang Anda/Bapak/Ibu katakan sesudah ...". Pada dasarnya masih sama saja meminta guru untuk mengulangi bagian penjelasan yang mana tidak terdengar atau luput oleh kita. Misalnya, kita dapat mengatakan "excuse me, sir. I didn't hear/catch what you said after the solar system.

* Can you please speak more slowly?

Ungkapan ini digunakan untuk meminta guru kita agar menjelaskan sesuatu secara pelan-pelan atau tidak terlalu cepat. Arti dari ungkapan ini, yaitu "Tolong, bisakah Anda/Bapak/Ibu berbicara lebih pelan-pelan?". Contohnya, kita dapat mengatakan "Ma'am, can you please speak more slowly?"

2) Topik/istilah yang tidak familiar

Ketika guru menjelaskan terkadang ada beberapa kata atau istilah yang tidak terlalu familiar atau bahkan kita belum sama sekali mendengar kata tersebut, kita dapat menggunakan ungkapan-ungkapan di bawah ini jika kalian berada di kelas Bahasa Inggris.

* How do you spell that?

Ketika kita bingung dengan salah satu istilah baru dan mungkin kita belum familiar dengan kata tersebut, kita bisa mengatakan "sir, how do you spell that? That's a new word for me", artinya kurang lebih "pak, bagaimana anda mengejar itu? Itu sebuah kata yang baru bagi saya".

* What does ... mean?

Ungkapan ini artinya "apa artinya ...?". Ini bisa kita gunakan jika kita menemukan istilah dari bahasa asing dan kita tidak begitu tahu artinya, kemudian kita bisa menggunakan ungkapan tersebut. Contohnya, "ma'am, what does tercapai mean? I don't know that word".

* How do you say ... in (your language)?

Ungkapan ini akan sangat membantu sekali jika kita sedang mempelajari bahasa asing. Ungkapan ini artinya kurang lebih "Bagaimana Anda/Bapak/Ibu mengatakan ... dalam (bahasa penuturmu)?". Contohnya, "Excuse me. How do you say penggorengan in English, sir?".

* What is ...?

Ini adalah ungkapan terpendek dan sangat mudah juga diucapkan. "What is ...?" artinya kurang lebih "Apa itu ...?". Contohnya, ketika kita tidak tahu salah satu istilah, lalu kita dapat mengatakan "ma'am, sorry, what is membajak?".

3) Meminta contoh

Pastinya, selain topik atau istilah yang tidak familiar merupakan hal yang terkadang muncul ketika di kelas. Kemudian, ada satu situasi di mana kita ingin guru kita memberikan contoh supaya dapat dipahami dengan jelas oleh kita. Berikut adalah beberapa ungkapan yang dapat kita gunakan.

* Can you use this word in a sentence?

Kita dapat menggunakan yang satu ini ketika kita sudah tahu arti suatu kata, tetapi kita belum yakin bagaimana penggunaan kata tersebut dalam konteksnya. Jadi, kita dapat mengatakan "I know this word already, but can you use this word in a sentence, sir?". Arti dari ungkapan ini, yaitu "bisakah Anda/Bapak/Ibu menggunakan kata ini ke dalam sebuah kalimat?"

* Can you (give me/us) an example of this ...?

Ungkapan ini lebih umum, kita dapat menggunakannya ketika kita bingung dan ingin meminta guru kita memberikan contohnya. Kita dapat mengatakan "ma'am, can you give us an example of this word?". Arti dari ungkapan ini, yaitu "bisakah Anda/Bapak/Ibu memberikan (saya/kami) sebuah contoh untuk kata ini?".

Sekian untuk postingan kali ini yah sobat Caravel, mudah-mudah postingan ini dapat sedikit membantu Bahasa Inggris kalian, terutama jika kalian berada di kelas yang mengharuskan memakai Bahasa Inggris. See you! ;) Jangan lupa kalian bisa nonton video pembelajaran di bawah ini bagi yang masih bingung.
 


No comments:

Post a Comment

Pages