Mempelajari Phrasal Verb dalam Bahasa Inggris - Get



Setelah postingan kemarin tentang 3 Cara Pengucapan Akhiran -ed dalam Bahasa Inggris, di postingan kali ini kita akan membahas tentang Phrasal Verb atau Kata Kerja Frasa. Dalam bahasa Inggris kita akan menemukan banyak sekali menemukan kosakata seperti put on, put off, turn on, dan sebagainya. Namun, mungkin beberapa dari kita ada yang belum mengetahui istilah dari kosakata-kosakata tersebut. Kata tersebut biasanya disebut sebagai phrasal verb atau kata kerja frasa. Phrasal verb didefinisikan sebagai sebuah kata kerja yang digabungkan dengan sebuah kata keterangan atau sebuah kata depan atau bahkan kadang-kadang keduanya secara langsung dan menghasilkan makna yang baru (Oxford Advanced Learner's Dictionary 9th edition © Oxford University Press, 2015). Perhatikan contoh kalimat berikut.


1. I fall down
2. I fall down the stairs
3. I come up with an idea

Dari ketiga contoh di atas, phrasal verb atau kata kerja frasa dapat terbentuk dari 3 cara. Pertama, kalimat I "fall down" berarti "saya jatuh" disertai dengan kata keterangan atau adverbia "down". Selanjutnya, di kalimat kedua kalimat I "fall down" the stairs dengan kata depan atau preposisi "down". Terakhir, kalimat I "come up with" an idea di mana kata kerja "come" diikuti oleh adverbia "up" dan kemudian diikuti oleh preposisi "with". Nah, sampai di sini mungkin beberapa dari sobat Caravel sedikit kebingungan dan muncul pertanyaan. Apa perbedaan antara adverbia dan preposisi? Well, karena pembahasan tersebut cukup lumayan panjang, jadi nanti kalian lihat saja di postingan selanjutnya ya.


Selanjutnya, secara garis besar, phrasal verb terbagi menjadi 2 jenis, yaitu:

1. Inseparable Phrasal Verb

Inseparable phrasal verb merupakan kata kerja frasa yang tidak dapat dipisah antara verba dengan preposisinya. Ciri khas dari kata kerja frasa ini adalah menggunakan preposisi, bukan adverbia. Contohnya adalah "deal with".


2. Separable Phrasal Verb

Separable phrasal verb adalah kata kerja frasa yang dapat dipisah dari adverbianya. Ciri khas dari kata kerja frasa ini, yaitu menggunakan kata keterangan atau adverbia. Contohnya adalah "turn on" di mana kita dapat menuliskan "turn the lamp on" atau "turn on the lamp".

Berikut di atas merupakan penjelasan singkat tentang phrasal verb. Untuk pembahasan sekarang, kita akan lebih mengorak phrasal verb dengan verba "get". Pastinya sobat Caravel kalau belajar Bahasa Inggris, kata "get" ini akan sering ditemukan dan bahkan membingungkan karena artinya bukan hanya satu saja atau ambigu (memiliki makna lebih dari satu). Oleh sebab itu, kita mulai kenali arti kata kerja "get" ini di bawah.

1. Get up

  • Arti yang pertama dari get up, yaitu artinya bangun/bangkit. Contohnya: I must get up and do my homework right now
  • Selanjutnya, get up artinya mengenakan pakaian khusus biasanya ketika kita ingin pergi ke suatu acara. Contohnya: I get myself up as a zombie.
  • Selain itu, ada juga kata "getup" yang mana artinya adalah kostum/outfit yang kita pakai. Contohnya: Hey, nice getup, wow!

2. Get down

  • "Get down" yang pertama artinya lawan kata dari bangkit tadi atau turun. Contohnya, ketika seseorang melempar kita batu, teman kita yang satunya lagi kemudian mengatakan "get down!" untuk menghindari batu tersebut dengan jongkok dari yang tadinya dalam posisi berdiri.
  • Yang kedua, "get down" merupakan salah satu kata kerja frasa populer atau slang yang digunakan oleh para penutur Bahasa Inggris yang mana artinya adalah joget. Contohnya, kita dapat mengatakan "let's get down tonight at Rina's party".

3. Get away

  • Pertama, get away artinya meninggalkan biasanya untuk melarikan diri dari kesulitan. Contohnya: I have so many tasks, I want to get away from the office.
  • Arti yang selanjutnya dari phrasal verb ini adalah pergi liburan untuk istirahat dari kesibukan. Misalnya, kita dapat mengatakan "I need to get away for a couple of days".
  • Selain itu, ada juga dalam bentuk nomina atau kata bendanya, yaitu getaway yang mana artinya liburan sama dengan vacation. Contohnya: We have a perfect getaway.

4. Get over

  • Get over artinya melewati (secara fisik). Contohnya, yaitu "the dog gets over the fence".
  • Get over juga dapat berarti melewati secara kiasan. Contohnya seperti "don't be sad, get over it".

5. Get off

  • Arti dari get off, yaitu menyingkir. Contohnya, jika ada teman kita duduk di meja dan kita meminta teman tersebut untuk menyingkir dari meja, kita dapat mengatakan "get off the table".
  • Selanjutnya, get off juga dapat berarti tertarik pada (bergairah). Contohnya, jika kita tertarik pada jazz, maka kita dapat mengatakan "I get off on jazz music".

6. Get on

  • Get on yang pertama artinya naik kendaraan (beberapa kendaraan yang biasanya ruangannya besar dan memuat orang banyak). Contohnya, I get on the bus, she gets on the plane, atau they get on the boat.
  • Selanjutnya, get on dapat berarti berhubungan baik (dalam hubungan). Contohnya, my friends also get on with my sister.

7. Get in

  • Makna dari get in yang pertama, mempunyai arti yang sama dengan get on di atas, yaitu naik kendaraan, tetapi kendaraannya memiliki ruang kecil dan memuat beberapa orang saja. Contohnya, I get in the car, you get in the truck, atau we get in the cab.
  • Get in juga memiliki makna yang lainnya (slang), yaitu menjadi bagian dari suatu kelompok. Misalnya, kita dapat mengatakan I get in with a K-Pop group.

8. Get through

  • Kemudian, kata kerja frasa selanjutnya, yaitu get through yang mana artinya menyelesaikan sesuatu. Misalnya, I can get through my tasks today.

9. Get between

  • Get between memiliki makna menempatkan seseorang atau sesuatu di antara. Contohnya, kita boleh mengatakan the teacher gets between Andy and Rudy to stop them from fighting.
  • Get between yang kedua maknanya, yaitu menimbulkan masalah antara dua orang. Misalnya, kita dapat mengatakan I never have an intention to get between you and your best friend.

10. Get along (with)

  • Sama halnya dengan dengan get on di atas yang mana artinya berhubungan baik dengan seseorang. Namun, perbedaannya hanya, get along (with) lebih ke American English, sementara get on (with) lebih ke British English. Misalnya, kita dapat mengatakan I get along really well with my roomates.

Itu saja untuk pembelajaran Bahasa Inggris kali ini. Ternyata banyak sekali kosa kata yang harus kita ketahui jika ingin dapat fasih berbahasa Inggris. Oleh sebab itu, dalam mempelajari sebuah bahasa modal terbesar yang harus kita miliki adalah motivasi untuk tetap konsisten mempelajarinya. Semoga sahabat Caravel semuanya tetap semangat belajar Bahasa Inggrisnya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. 😊



No comments:

Post a Comment

Pages