The Difficulty of Applying Interactive Multimedia Learning Methods on Some Students in Multimedia Department


by

Arhan M., Dede H., Dwiana F. A., Elsa A., Melati E. S., Citra P.


XI MM

SMK Islam Paniis

Tasikmalaya

2022


[Indonesian]

Pendidikan adalah perolehan pengetahuan, keterampilan, kebiasaan, mencari ilmu dengan melalui proses belajar serta mengajar dan adat istiadat oleh sekelompok orang yang diturunkan dari generasi ke generasi melalui pendidikan, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering dilakukan di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan untuk belajar sendiri. Etimologi kata pendidikan sendiri berasal dari kata latin ducare yang berarti “memimpin, membimbing, atau membimbing” dan awalan e yang berarti “keluar”. Oleh karena itu, pendidikan berarti kegiatan “memimpin”. Pengalaman yang secara formatif mempengaruhi cara orang berpikir, merasa, dan bertindak dapat dianggap mendidik. Pendidikan umumnya dibagi menjadi TK, SD, SMP, SMA, dan perguruan tinggi, universitas, magang, dan tahapan lainnya.


Metode pembelajaran adalah keseluruhan rangkaian penyajian bahan ajar yang mencakup semua aspek pembelajaran guru sebelum dan sesudah pembelajaran, serta semua fasilitas yang relevan yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses pembelajaran. Pernyataan tersebut didukung oleh pendapat Iskandarwassid dan Sunendar (dalam Thabroni, 2021), dimana metode pembelajaran adalah suatu sistem untuk memperlancar terselenggaranya berbagai kegiatan pembelajaran guna mencapai tujuan yang diinginkan atau yang telah ditentukan. Sutikno (dalam Thabroni, 2021), di sisi lain, berpendapat bahwa istilah "metode" secara harfiah berarti "jalan" dan metode adalah metode atau prosedur yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan utama dari metode pembelajaran adalah untuk lebih memudahkan proses dan hasil belajar siswa, tetapi untuk memudahkan siswa mencapai apa yang direncanakan.


Multimedia merupakan media yang menggabungkan 2 unsur atau lebih media yang terdiri menurut teks, grafik, gambar, foto, audio, dan animasi secara terintegrasi. Multimedia terbagi sebagai 2 kategori, yaitu: multimedia linear, dan multimedia interaktif. Multimedia linear merupakan suatu multimedia yang dilengkapi menggunakan indera pengontrol apapun yg bisa dioperasikan sang pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), misalnya TV dan film. Multimedia interaktif merupakan suatu multimedia yang dilengkapi menggunakan indera pengontrol yang bisa dioperasikan sang pengguna, sebagai akibatnya pengguna bisa menentukan apa yg dikehendaki buat proses selanjutnya. Menurut Vaughan (dalam Binus University, 2016), multimedia adalah kombinasi aneka macam media lalu disampaikan memakai computer atau alat-alat elektronika dan digital. Contoh multimedia interaktif merupakan multimedia pembelajaran interaktif, e-learning madrasah, pelaksanaan game dll.


Metode pembelajaran interaktif adalah metode pembelajaran yang didalamnya terjadi interaksi antara guru dan murid agar proses pembelajaran terjadi secara aktif dan seru. Sedangkan metode pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi atau menggunakan multimedia. Penggunaan metode pembelajaran multimedia interktif ini bertujuan untuk mempermudah para guru untuk menyampaikan materi kepada murid-muridnya. Selain itu materi pelajaran dapat dimodifikasi agar lebih menarik dan mudah dipahami, tujuan materi yang sulit akan mudah dipahami, suasana belajar yang menegangkan menjadi menyenangkan dengan menggunakan metode pembelajaran multimedia interaktif. Dengan menggunakan metode pembelajaran multimedia interaktif dapat memadukan media-media dalam proses pembelajaran, maka proses pembelajaran akan berkembang dan berjalan dengan baik.


Dalam penggunaan metode pembelajaran multimedia interaktif ada beberapa keuntungan dan kelebihan, sistem pembelajaran yang disajikan lebih variatif, inovatif, kreatif, dan yang pastinya interaktif. Guru atau pengajar akan selalu dituntut untuk menyajikan materi yang kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Di dalam metode pembelajaran multimedia interaktif kita mampu menggabungkan antara teks, gambar, audio dan video, bahkan kita bisa membuat animasi bergerak agar terlihat lebih menarik dan tidak membosankan. Dengan metode ini akan menambah motivasi belajar menjadi lebih meningkat dan mampu memvisualisasikan materi yang selama ini sulit diterangkan dan dipelajari menjadi lebih mudah diterangkan dan dipelajari atau dipahami. Serta dapat membuat siswa menjadi lebih mandiri dalam belajar.


Dari sekian banyak keuntungan dan kelebihan metode pembelajaran multimedia interaktif, ada juga beberapa kekurangan yang dapat menghambat metode pembelajaran multimedia interaktif ini. Di antaranya yaitu kurangnya sarana prasarana atau kurangnya fasilitas seperti komputer, laptop, koneksi jaringan yang memadai di beberapa sekolah yang menjadi faktor utama dalam penghambat kemajuan metode pembelajaran multimedia interaktif. Penghambat lainnya yaitu bisa jadi dari desain yang buruk sehingga sulit untuk dipahami oleh beberapa siswa. Dan masih ada juga sebagian siswa masih sulit atau tidak paham dengan cara penggunaan metode pembelajaran multimedia interaktif karena kurangnya pengenalan teknologi terhadap anak sejak dini dan kurangnya fasilitas yang tersedia di beberapa sekolah yang berada di pelosok negeri.


Adanya dana BOS tentunya menjadi angin segar bagi setiap satuan pendidikan di Indonesia, karena dengan begitu sekolah dapat memenuhi segala kebutuhan sekolah seperti pemeliharaan sarana dan prasarana Di Indonesia terdapat program pemerintah yang bernama BOS (Bantuan Operasional Sekolah). BOS merupakan program pemerintah yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk membantu sekolah-sekolah di Indonesia agar dapat melaksanakan kegiatan belajar yang lebih baik bagi siswa dalam bentuk sekolah hingga pembelian alat-alat multimedia untuk menunjang kegiatan pembelajaran multimedia interaktif. Komputer dan koneksi yang bagus ini bisa menjadi salah satu solusi dari sulitnya menerapkan metode pembelajaran multimedia interaktif. Guru juga harus mencari alternatif lain untuk melakukan pembelajaran dengan memperhitungkan atau mengubah metode belajar dengan interaktif dan lebih mengarahkan siswa untuk belajar berdiskusi bersama. Dengan demikian akan tercipta generasi muda yang mahir dalam teknologi dan pandai berdiskusi demi kemajuan bangsa Indonesia.


[English]

Education is the acquisition of knowledge, skills, habits, seeking knowledge through the process of learning and teaching and customs by a group of people passed down from generation to generation through education, training, or research. Education is often done under the guidance of others, but it is also possible to learn on your own. The etymology of the word education itself comes from the Latin word ducare which means "to lead, guide, or guide" and the prefix e which means "to get out". Therefore, education means the activity of "leading". Experiences that formatively influence the way people think, feel, and act can be considered educational. Education is generally divided into kindergarten, elementary, junior high, high school, and college, university, internship, and other stages.


The learning method is the whole series of presentations of teaching materials that cover all aspects of teacher learning before and after learning, as well as all relevant facilities that are used directly or indirectly in the learning process. This statement is supported by the opinion of Iskandarwassid and Sunendar (cited in Thabroni, 2021), where the learning method is a system to facilitate the implementation of various learning activities in order to achieve the desired or predetermined goals. Sutikno (in Thabroni, 2021), on the other hand, argues that the term "method" literally means "way" and method is a method or procedure used to achieve certain goals. The main purpose of the learning method is to further facilitate the process and student learning outcomes, but to make it easier for students to achieve what is planned.


Multimedia is media that combines 2 or more media elements consisting of text, graphics, images, photos, audio, and animation in an integrated manner. Multimedia is divided into 2 categories, namely: linear multimedia, and interactive multimedia. Linear multimedia is a multimedia that is equipped with any controller that can be operated by the user. This multimedia runs sequentially (sequentially), for example TV and movies. Interactive multimedia is a multimedia that is equipped with a controller that can be operated by the user, so that the user can determine what he wants for the next process. According to Vaughan (cited in Binus University, 2016), multimedia is a combination of various media and then delivered using a computer or electronic and digital devices. Examples of interactive multimedia are interactive learning multimedia, madrasa e-learning, game implementation, etc.


Interactive learning method is a learning method in which there is interaction between teachers and students so that the learning process occurs actively and fun. While the interactive multimedia-based learning method using information and communication technology or using multimedia. The use of this interactive multimedia learning method aims to make it easier for teachers to convey material to their students. In addition, the subject matter can be modified to make it more interesting and easy to understand, the objectives of difficult material will be easy to understand, the stressful learning atmosphere becomes fun by using interactive multimedia learning methods. By using interactive multimedia learning methods to combine media in the learning process, the learning process will develop and run well.


In the use of interactive multimedia learning methods there are several advantages and disadvantages, the learning system presented is more varied, innovative, creative, and certainly interactive. Teachers or instructors will always be required to present creative and innovative materials in delivering learning materials. In the interactive multimedia learning method we are able to combine text, images, audio and video, we can even create moving animations to make it look more interesting and not boring. This method will increase learning motivation and be able to visualize material that has been difficult to explain and learn to become easier to explain and learn or understand. And can make students become more independent in learning.


Seeing that there are many advantages interactive multimedia learning methods, there are also some drawbacks that can hinder this interactive multimedia learning method. Among them are the lack of infrastructure or lack of facilities such as computers, laptops, adequate network connections in several schools which are the main factors in inhibiting the progress of interactive multimedia learning methods. Another obstacle is that it could be of poor design making it difficult for some students to understand. And there are still some students who still find it difficult or do not understand how to use interactive multimedia learning methods because of the lack of introduction to technology for children from an early age and the lack of facilities available in several schools in remote parts of the country.


In Indonesia, there is a government program called BOS (School Operational Assistance). BOS is a government program organized by the government to help schools in Indonesia to be able to carry out better learning activities for students in the form of grants. The existence of BOS funds is certainly a breath of fresh air for every educational unit, because then schools can meet all school needs, such as maintaining school facilities and infrastructure to purchasing multimedia tools to support interactive multimedia learning activities. This good computer and connection can be one solution to the difficulty of implementing interactive multimedia learning methods. Teachers must also look for other alternatives to carry out learning by taking into account or changing learning methods interactively and more directing students to learn to discuss together. This will create a young generation who are proficient in technology and good at discussing for the progress of the Indonesian nation.


References

Arifuddin (2020). Pendidikan. Mengenal Multimedia Interaktif. Retrieved June 3, 2022, from https://smkn3ppu.sch.id/artikel/mengenal-multimedia-interaktif

Kelebihan Dan Kekurangan multimedia interaktif. Beranda. (n.d.). Retrieved June 3, 2022, from https://text-id.123dok.com/document/oy8pewp4z-kelebihan-dan-kekurangan-multimedia-interaktif.html

Malau, U. (2022). Kurangnya Sarana Dan Prasarana pendidikan? Bagaimana Cara Mengatasinya? Kompasiana. Retrieved June 3, 2022, from https://www.kompasiana.com/utarimalau0944/625675de92cb5a36265d2b37/kurangnya-sarana-dan-prasarana-pendidikan-bagaimana-cara-mengatasinya

N. (2022). Informasi Terkait Dana Bos Tahun 2022, Catat Syarat Dan Alokasinya. Itjen Kemendikbudristek. Retrieved June 3, 2022, from https://itjen.kemdikbud.go.id/webnew/2022/02/08/informasi-terkait-dana-bos-tahun-2022-catat-syarat-dan-alokasinya/

Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli. Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi. (2016). Retrieved June 3, 2022, from https://student-activity.binus.ac.id/himsisfo/2016/10/pengertian-multimedia-menurut-para-ahli/

Thabroni, oleh G. (2021). Metode Pembelajaran: Pengertian, Jenis & Macam (menurut para ahli). serupa.id. Retrieved June 3, 2022, from https://serupa.id/metode-pembelajaran-pengertian-jenis-macam-menurut-para-ahli/

Wikimedia Foundation. (2022). Pendidikan. Wikipedia. Retrieved June 3, 2022, from https://id.wikipedia.org/wiki/Pendidikan

No comments:

Post a Comment

Pages