The Imbalance between Design Request and Delays

 

by

Adi S., Adit H., Ai S. N., Fikri A., Resti N., Sindi Y.


XI MM

SMK Islam Paniis

Tasikmalaya

2022


[Indonesian]

Permintaan desain merupakan mengartikan suatu syarat permintaan kedalam suatu desain yang sesuai dengan keinginan desainer grafis ataupun dengan keinginan dari klien atau bisa di sebut juga dengan konsumen. Desain dapat pula dituangkan dalam kegiatan riset dan pengembangan,dimana kegiatan yang ada pada riset dan pengembangan merupakan kegiatan yang di lakukan untuk menciptakan suatu karya atau produk nyata dari pemikiran yang ada pada diri seorang desain grafis. Fungsi desain tersebut ada di antara fungsi pemasaran dan operasi, dimana fungsi ini bekerja untuk mengartikan kebutuhan pasar yang ditentukan oleh bagian pemasaran itu sendiri lalu oleh bagian operasi dibentuk sedemikian rupa hingga dapat memuaskan kebutuhan pasar yang diinginkan. Menurut Preble dan Sarah (dalam Thabroni, 2021). Graphic Design atau Desain Grafis adalah suatu istilah penamaan yang mengacu pada latar dwimatra atau dua dimensi (2D) yang bervariasi baik format dan kompleksitasnya.


Tenggat waktu merupakan saingan utama seorang desainer grafis. Selain itu seorang desainer grafis juga sering mendapai masalah jika menghadapi klien yang menginginkan mereka untuk membuat suatu desain yang rumit dalam tenggat waktu yang cukup pendek dan terlalu cepat. Pengaturan waktu perlu dikuasai oleh seorang desainer. Hal tersebut sangat penting karena hal itu berkaitan dengan tenggat waktu. Agar semua pekerjaan dapat selesai dengan tenggat waktu yang sudah ditentukan, seorang desainer harus pintar dalam mengatur waktu pembuatan satu desain dan juga harus bisa memprioritaskan suatu pekerjaan tersebut. Supaya seorang desainer tidak dijuluki sebagai seorang yang tidak professional karena selalu melewati batas tenggat waktu yang sudah disetujui oleh klien dan desainer itu sendiri. Menurut Davidson (dalam Simbolon, 2014) manajemen waktu adalah cara untuk memanfaatkan waktu dengan baik dan membuat seseorang menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.


Dalam beberapa kesempatan bisa jadi seorang desain grafis tidak hanya membuat satu proyek saja tetapi masih  banyak proyek lain. Tentu saja semua itu akan memakan atau membutuhkan waktu untuk membuat suatu karya atau suatu desain yang diinginkan oleh seorang klien. Tetapi sebagai seorang desainer grafis kita tidak bisa menyetujui permintaan dari klien tersebut begitu saja dikarenakan dalam pembuatan desain ada banyak tahapan–tahapan atau solusi yang harus kita lakukan. Dari mulai pengumpulan informasi, menganalisa desain yang akan dibuat menyusun tujuan-tujuan, mencurahkan pendapat, mengevaluasi serta mengimplementasi ke dalam desain tersebut. Semua tahapan yang dilakukan oleh seorang desainer grafis tentunya akan memerlukan waktu yang cukup panjang dan tentu saja bisa berpengaruh terhadap desain yang dibuat. Agar mendapatkan manajemen waktu yang efektif seorang desainer grafis membutuhkan kedisiplinan yang banyak. Perencanaan yang benar dapat membantu seorang desainer menjauhi masalah dalam hidupnya.


Ditengah kesibukan pekerjaan terkadang membuat kita kewalahan khususnya bagi yang terbiasa bekerja dalam desainer grafis. Maka, agar seluruh agenda pekerjaan terlaksana dan terselesaikan dengan baik ada beberapa rekomindasi aplikasi menejemen proyek yang patut di coba yaitu (Trello) merupakan aplikasi dimana penggunanya dapat mengontrol pengerjaan suatu proyek dalam satu wadah digital saja. (Notion) merupakan all-in-one workspace untuk membantu penggunanya mengelola berbagai pekerjaan dari satu tampilan saja. (Todoist) aplikasi ini mengkategorikan jenis tugas pada jenis proyek sesuai kebutuhan. (Slack) aplikasi untuk mengelola proyek dimana para pekerja dapat berkomunikasi dengan saling mengirim pesan di dalamnya. (Monday) aplikasi ini membantu merancang proyek melalui satu platform saja.


Jika aplikasi saja tidak cukup maka di perlukan cara menejemen waktu yang lebih efektif adalah rencanakan semua kegiatan dalam daftar yang dilakukan setiap harinya, atur prioritas yang paling penting dari semua tugas, melakukan yang terbaik untuk proyek, mengerjakan proyek yang paling susah terlebih dahulu, menjauhi kegiatan yang membuang waktu, dan menemukan waktu yang tepat untuk segala sesuatu, meningkakan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan banyak orang, belajar untuk selalu fokus dalam mengerjakan sebuah tugas, membuat perencanaan jadwal yang jitu berani mengambil keputusan sehingga tidak membuang banyak waktu mencari motivasi diri menentukan hal apa saja yang harus dilakukan mengapresiasi kebiasaan baik yang sering dilakukan.


Alasan mengapa seorang deainer grafis penting mengatur waktu dalam kehidupan sehari-harinya, antara lain untuk mengurangi stres supaya lebih fokus, meningkatkan produktivitas, mengurangi sifat untuk menunda–nunda pekerjaan. Alasan diatas sangat penting karena dapat membantu seseorang mengurangi stres jangka panjang dengan memberikan arahan ketika seseorang memiliki terlalu banyak pekerjaan sehingga seseorang bisa lebih fokus terhadap satu pekerjaan dibanding mengerjakan semuanya dalam waktu yang sama. Pengaturan waktu yang baik dapat meningkatkan produktivitas dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan dan jadwal yang jelas membuat seseorang terhindar dari menunda–nunda pekerjaan dibandingkan hanya bermain ponsel atau bermalas–malasan. Mengatur waktu membuat seseorang lebih semangat untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan juga pengerjaannya berdasarkan prioritas tugas yang harus dikerjakan.


Bidang profesi desain grafis atau yang disebut juga desain komunikasi visual hampir menyentuh seluruh aspek kehidupan, sehingga sangat dibutuhkan keberadaannya, contohnya sebagai desainer di studio desain, butik kreatif, biro iklan (agency), sebagai desainer lepas (freelancer), atau menjadi desainer in House. Oleh karena itu, perlu disiapkan standar yang dapat menjadi acuan bagi tenaga kerja berkebutuhan khusus. Bidang desain grafis atau dapat disebut juga desain komunikasi visual merupakan bagian dari ilmu seni rupa yang dimanfaatkan untuk berkomunikasi. Karena itu ada beberapa hal yang disyaratkan bagi yang akan bekerja dalam bidang profesi tersebut. Seseorang yang bekerja dibidang desain grafis harus pintar dalam mengatur waktu karena waktu adalah hal yang sangat berharga nikmat dan karunia tuhan yang diberikan kepada setiap manusia. Waktu adalah sebuah misteri kehidupan yang mana apabila sudah terjadi tidak akan dikembalikan lagi, jadi hargailah waktu yang sangat singkat sebelum kita tua dan menyesal akan itu dan mengatakan mengapa dulu tidak seperti ini. kenapa tidak seperti itu? Andai saja dulu begini, semua itu sudah berlalu dan kita hanya berandai-andai akan terulang nya waktu yang tersia-siakan dulu. Menurut Zein (dalam Zaenuddin, 2022), yang menjelaskan bahwa waktu adalah sesuatu yang memberikan batasan tentang waktu  saat masa yang akan datang atau saat yang telah berlalu. Terdapat pribahasa “Time is Money”, Oleh sebab itu sebaiknya kita dapat kreatif dalam mengatur waktu. Sehingga waktu luang tersebut dapat menjadi uang atau produktif.


[English]

Design request is interpreting a request requirement into a design that is in accordance with the wishes of the graphic designer or with the wishes of the client or can also be called the consumer. Design can also be expressed in research and development activities, where the activities in research and development are activities carried out to create a work or real product from the thoughts that exist in a graphic designer. The design function is between the marketing and operations functions, where this function works to interpret market needs which are determined by the marketing department itself and then by the operations department it is formed in such a way that it can satisfy the desired market needs. According to Jessica Helfand, graphic design is a complex combination of text and images, numbers and graphics, photos and illustrations that require special thinking from someone who can combine these elements, so as to produce something unique and memorable.


Deadlines are a graphic designer's main rival. In addition, a graphic designer also often gets into trouble when dealing with clients who want them to create a complex design within a fairly short and too fast deadline. Timing needs to be mastered by a designer. This is very important because it relates to deadlines. So that all work can be completed by a predetermined deadline, a designer must be smart in managing the time of making a design and must also be able to prioritize a job. So that a designer is not dubbed as an unprofessional because he always exceeds the deadlines that have been agreed upon by the client and the designer himself. According to Davidson, time management is a way to make good use of time and get someone to get work done quickly.


On several occasions, a graphic designer may not only make one project but many other projects. Of course all that will take or take time to create a work or a design desired by a client. But as a graphic designer we can't just agree to a request from a client, because in making a design there are many stages or solutions that we have to do. Starting from gathering information, analyzing the design that will be made, setting goals, expressing opinions, evaluating and implementing it into the design. All the stages carried out by a graphic designer will of course take quite a long time and of course can affect the design made. In order to get effective time management a graphic designer requires a lot of discipline. Proper planning can help a designer stay away from problems in his life.


In the midst of busy work sometimes it makes us overwhelmed, especially for those who are used to working in graphic designers. So, so that the entire work agenda is carried out and completed properly, there are several recommendations for project management applications that are worth trying, namely (Trello) which is an application where users can control the work of a project in one digital platform only. (Notion) is an all-in-one workspace to help users manage various jobs from one view. (Todoist) this application categorizes the types of tasks on the type of project as needed. (Slack) application to manage projects where workers can communicate by sending messages to each other. (Monday) this app helps design projects through one platform only.


If application alone is not enough then a more effective way of time management is needed is to plan all the activities on the to-do list every day, set the most important priority of all tasks, do the best for the project, do the most difficult projects first, stay away from activities who waste time, and find the right time for everything, improve the ability to communicate and interact with many people, learn to always focus on doing a task, make accurate schedule plans, dare to make decisions so they don't waste a lot of time looking for self-motivation to determine what only thing that must be done is to appreciate the good habits that are often done.


The reasons why it is important for a graphic designer to manage time in their daily lives, among others, are to reduce stress, to be more focused, to increase productivity, to reduce the nature of procrastination. The reason above is very important because it can help one reduce long term stress by providing direction when one has too much work so that one can focus more on one job rather than doing all of them at the same time. Good time management can increase productivity in doing tasks or work and a clear schedule makes a person avoid procrastinating compared to just playing on the cellphone or being lazy. Managing time makes someone more enthusiastic about doing a task or job as well as doing it based on the priority of the tasks that must be done.


The field of the graphic design profession or also known as visual communication design touches almost all aspects of life, so its existence is very much needed, for example as a designer in a design studio, creative boutique, advertising agency (agency), as a freelance designer (freelancer), or becoming an in-house designer. Therefore, it is necessary to prepare a standard that can be a reference for workers with special needs. The field of graphic design or also known as visual communication design is part of the art science that is used to communicate. Because of that, there are several things that are required for those who will work in the field of the profession. Someone who works in the field of graphic design must be smart in managing time because time is a very valuable thing, God's blessings and gifts are given to every human being. Time is a mystery of life which once it's happened it can't be returned, so appreciate the very short time before we get old and regret it and say why wasn't it like this before? why not like that? If only it was like this, all that has passed and we only wish that the wasted time would repeat itself. According to Ibn Jauzi. Time is like a very precious treasure. It's worth it and we should use the time we have as much as possible. Use the time to develop and progress better than today. We should make the most of our time.


References


Admin. (2021). 6 definisi Waktu Menurut Para Ahli yang wajib tahu! The Minimalisme. Retrieved June 8, 2022, from https://pinuty.com/definisi-waktu-menurut-para-ahli/


Azaliasimbolon, A. (2014). Pengertian Manajemen Waktu. Academia.edu. Retrieved June 9, 2022, from https://www.academia.edu/9778890/Pengertian_Manajemen_Waktu#:~:text=Management%20Waktu%20merupakan%20perencanaan%2C%20pengorganisasian,waktu%20yang%20telah%20ditetapkan%20sebelumnya.


Thabroni, oleh G. (2021, June 16). Pengertian Desain Grafis Dilengkapi Pendapat Para Ahli. serupa.id. Retrieved June 9, 2022, from https://serupa.id/pengertian-desain-grafis/


Thabroni, oleh G. (2022). Pengertian Desain (Lengkap) Berdasarkan Pendapat Para Ahli. serupa.id. Retrieved June 7, 2022, from https://serupa.id/pengertian-desain/


Tjahjono, T. (2018). Bagaimana Menghadapi Tenggat Waktu Dengan Mudah. uprint.id. Retrieved June 7, 2022, from https://uprint.id/blog/bagaimana-menghadapi-tenggat-waktu/


Zaenuddin (2022). Artikelsiana. Retrieved June 9, 2022, from https://artikelsiana.com/pengertian-waktu-jenis-arti-waktu-menurut-islam-2/ tu-jenis-arti-waktu-menurut-islam-2/

No comments:

Post a Comment

Pages