5 Cara Memperbaiki Bahasa Inggris Kita


Halo sahabat Caravel semuanya, semoga selalu berada dalam kelancaran dan disehatkan juga tentunya. Amiin ya rabb. Di artikel kali ini kita akan membahas hal yang mungkin sudah umum didengar oleh kita, yaitu bagaimana cara memperbaiki Bahasa Inggris kita. Namun, di sini sobat Caravel akan mendapatkan informasi tersebut langsung dari admin Caravelnya ya. Jadi, lebih experience-based article gitu ya artikelnya. 😁


Setelah membaca artikel sebelumnya tentang Mempelajari Phrasal Verb dalam Bahasa Inggris - Get, di sini kita akan mempelajari 5 cara efektif untuk memperbaiki kemampuan Bahasa Inggris kita. Pada dasarnya, ada banyak cara untuk belajar Bahasa Inggris, tetapi di sini penulis memberikan 5 poin yang harus para pelajar bahasa pertimbangkan ketika ingin mempelajari Bahasa Inggris terutama yang secara otodidak. Berikut merupakan beberapa cara untuk memperbaiki kemampuan Bahasa Inggris kita:


1. Nonton Film

Dengan adanya YouTube, kita dapat memperbaiki kemampuan Bahasa Inggris kita dengan mudah. Kita dapat mencari berbagai sumber yang Bahasa Inggrisnya sesuai dengan level kita. Selain itu, menonton dengan menggunakan subtitel akan membantu menambah kosakata kita dalam Bahasa Inggris. Tentunya, kita jangan lupa menuliskannya karena kemungkinan besar ketika kita menonton film yang lainnya, kita akan bertemu dengan kata yang sudah kita tuliskan tadi. Berikut merupakan playlist yang dapat kalian tonton sesuai tingkatan Bahasa Inggris kita:


  • Tingkat pemula (Beginner): Extra English BBC Series [Klik di sini]
  • Tingkat menengah (Intermediate): In Your Dreams [Klik di sini]
  • Tingkat lanjutan (Advanced): Best Friends Whenever [Klik di sini]

Untuk menuliskan kosakata baru, kalian tidak perlu khawatir lagi, mimin Caravel sudah menyediakan Vocabulary Log untuk kalian unduh.


Template vocabulary log GRATIS! [Unduh di sini]

2. Membaca Artikel

Cara selanjutnya, ini sangat efektif sekali terutama untuk sebagian dari kita yang gemar membaca. Membaca artikel dalam Bahasa Inggris akan menuntut kita untuk mengetahui istilah-istilah yang kita belum ketahui. Tentunya, tujuan dari membaca itu sendiri, yaitu untuk memahami konteks secara keseluruhan dari apa yang kita baca. Langkah sederhana untuk membiasakan diri dengan membaca, yaitu kita dapat memulai dari membaca artikel sesuai dengan ketertarikan kita. Misalnya, beberapa dari kita ada yang tertarik untuk membaca artikel-artikel yang berkaitan dengan politik, maka kita dapat membaca berita-berita harian dalam Bahasa Inggris. Lebih baik lagi, jika kita menuliskan kosakata yang kita temukan di dalam Vocabulary Log juga seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya. Di bawah sobat Caravel bisa coba kunjungi salah satu mesin pencari berita terbaik, yaitu Google News.


Mesin Pencari Berita - Google News [Klik di sini]
Aplikasi Google News (Android Version) [Unduh di sini]

Untuk langkah menerjemahkan yang lebih mudah dan praktis kita dapat menggunakan aplikasi Google Translate, kalian dapat menonton video pemaparan langkah-langkah cara yang efektif membaca berita online dengan menonton video di bagian akhir artikel ini. Mimin Caravel menjelaskannya di poin yang sama, yaitu pada poin ke-2.


3. Membaca dan Menulis Ulang

Teknik ini sebenarnya lebih cocok untuk tingkat menengah dan lanjutan, alasannya karena kita ingin kosakata kita lebih banyak dengan membaca artikel yang sama. Ketika kita membaca artikel yang mana tingkat kesulitannya sangat rendah, maka kita hanya akan mendapatkan sedikit saja. Namun, dengan menerapkan prinsip modifikasi, hal ini akan mempermudah kita menambah kosakata dengan membaca artikel yang sama. Misalnya perhatikan sebuah paragraf berikut:


The environment is divided into different layers such as atmosphere, hydrosphere, lithosphere, and biosphere. The atmosphere is made up of several gases such as nitrogen and oxygen. All the water bodies make up the hydrosphere. The lithosphere is the covering of the earth that is made up of rock and soil. Life exists in the biosphere.

Kita dapat memodifkasi paragraf di atas dengan mencari persamaan kata (sinonim), lawan kata (antonim), atau bahkan kita dapat merubah struktur kalimatnya. Berikut merupakan hasil dari modifikasi paragraf di atas:


The environmental spheres are comprised of distinctive layers, namely atmosphere, hydrosphere, lithosphere, and biosphere. One that consists of several gases like nitrogen and oxygen is called the atmosphere. The hydrosphere comes from the water. The layer that covers the earth built up from rocks and soil is the lithosphere. The biosphere is where life occurs.

Dengan mengubah kata atau struktur kalimat yang ada, kita secara sadar atau tidak sadar sudah mempelajari suatu kata secara spesifik dengan mencarinya di dalam kamus Bahasa Inggris dan bahkan kita akan belajar cara menggunakan suatu kata sesuai dengan konteksnya. Selain itu, kita juga belajar untuk menata kalimat secara variatif alias tidak monoton dengan menggunakan struktur yang selalu sama.


4. Monolog, Syair, dan Menyanyi

Di antara banyaknya cara untuk memperbaiki Bahasa Inggris kita, membaca monolog, syair, dan menyanyi merupakan beberapa cara yang paling menarik. Selain kita berlatih mengatur nada, tentunya kita berlatih pengucapan Bahasa Inggris juga. Semakin terbiasa kita mengucapkan kata-kata Bahasa Inggris, lidah kita akan terbiasa dengan pelafalan kata-kata dalam bahasa ini. Di samping itu, ada cara yang paling menyenangkan sekali, yaitu berlatih dengan pengucapan dengan lilit lidah atau tongue twister dalam Bahasa Inggris. Berikut merupakan referensi lilit lidah atau tongue twister dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris:


Lilit Lidah/Tongue Twister Bahasa Indonesia [Klik di sini]
Lilit Lidah/Tongue Twister Bahasa Inggris [Klik di sini]

5. Praktik Berbicara

Cara terakhir ini mungkin terdengar sudah tidak asing lagi, tetapi ketika kita mengetahui bahwa kita sudah tinggal dengan yang namanya teknologi, kita harus mulai melek terhadap hal ini. Faktanya, dengan adanya akses internet, batas suatu negara sudah hampir dapat dikatakan tidak ada lagi. Zaman sekarang kita dapat berbicara dengan mudah melalui Skype, Zoom, Google Meet, dan aplikasi lainnya. Salah satu aplikasi yang mimin Caravel rekomendasikan saat ini untuk memperbaiki kemampuan berbicara Bahasa Inggris kalian adalah berbicara dengan pelajar Bahasa Inggris dari negara lain menggunakan aplikasi Hallo. Kalian bisa baca artikel tersebut di artikel sebelumnya yang sudah mimin publikasikan, yaitu Tetap Produktif Berbahasa Inggris di Tengah Pandemi Covid-19 dengan HUNTU ("Hallo" Komunikasi Virtual). Sebenarnya masih banyak aplikasi bagus lainnya yang dapat kalian coba untuk memperbaiki Bahasa Inggris kita. Sejauh ini, berdasarkan pengalaman mimin mengasah kemampuan berbicara, aplikasi ini wajib sekali dicoba.


Itulah yang dapat dibagikan untuk kali ini, semoga kita semua dipermudah selalu dalam proses menimba ilmu dan mengasah kemampuan yang kita ingin kuasai. Jika ada beberapa hal yang ingin ditanyakan, kalian dapat berkomentar di bawah kolom komentar yang disediakan ya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya dan have a good one, sobat Caravel semuanya! 😁



Referensi


Veerendra. (2021). Paragraph on the environment 100, 150, 200, 250 to 300 words for kids, students, and children. A Plus Topper. Retrieved May 8, 2022, from https://www.aplustopper.com/paragraph-on-environment/

No comments:

Post a Comment

Pages