The Impact of Healthy Competition in the Workplace: Understanding its Positive and Negative Effects on Employees and Companies

 

by

Ernawati, Rina K., Rosdiana, Shinta O., Siti F. A.


XI OTKP

SMK Islam Paniis

Tasikmalaya

2022


[Indonesian]

Persaingan adalah tindakan seseorang untuk menjadi lebih baik dari orang lain. Menurut Ahmad Nasrudin (2022), persaingan adalah ketika satu pihak berusaha untuk memenangkan sesuatu agar lebih berhasil daripada pihak lain. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), persaingan adalah perlombaan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang tertentu untuk memperoleh kemenangan atau hasil persaingan. Selain itu, menurut John Lewis Gillin dan John Philip Gillin, persaingan atau kompetisi dapat diartikan sebagai suatu proses sosial dimana individu atau kelompok orang yang bersaing mencari keuntungan melalui bidang kehidupan yang pada suatu saat menjadi pusat perhatian publik (baik individu maupun kelompok manusia) dengan cara menarik perhatian. Persaingan juga dapat dilakukan oleh dua orang atau lebih.


Kantor berasal dari bahasa Belanda “kantoor”. Ini berarti ruangan tempat seseorang bekerja, atau lokasi agensi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kantor adalah aula (gedung, rumah, atau ruangan) tempat seseorang berpartisipasi dalam pekerjaan (perusahaan, dll). Perkantoran adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan kantor. Lebih jelasnya, kantor adalah tempat atau wadah di mana kegiatan administrasi seperti pembuatan dokumen, pengumpulan, perhitungan, pengambilan, pengeditan, penggandaan, pengiriman, dan penyimpanan dilakukan oleh suatu kelompok untuk mencapai tujuan tertentu. Menurut Nuraida (2008), kantor juga bisa diartikan sebagai tempat berlangsungnya kegiatan administrasi, dan orang, teknologi, serta prosedur pemrosesan data informasi bergantung pada sistem, mulai dari menerima, mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan data informasi.


Persaingan di dalam dunia perkantoran adalah persaingan yang dilakukan oleh suatu karyawan dengan karyawan lainnya di suatu kantor atau instansi, yang bertujuan untuk menjadi lebih unggul dari karyawan lainnya agar bisa mendapatkan nilai plus dari pimpinan. Persaingan di dalam dunia perkantoran dapat diraih dengan cara yang jujur dan cara yang curang. Namun, keduanya memiliki dampak atau pengaruh terhadap dirinya sendiri, karyawan lain, maupun perusahaan tempat dia bekerja. Persaingan di dalam dunia perkantoran dapat berdampak positif dan juga negatif bagi perusahaan dan tenaga kerjanya. Bagaimanapun juga, segala sesuatu yang dilakukan oleh kita, baik atau buruk, pasti memiliki dampak dan pengaruh tersendiri. Persaingan di dalam dunia perkantoran dapat meningkatkan kualitas dan kreativitas karyawan, sehingga mereka akan bekerja dengan penuh ketekunan dan semangat.


Beberapa dampak positif dari persaingan di dalam dunia perkantoran adalah meningkatkan kualitas dan kreativitas karyawan. Dengan meningkatnya kualitas dan kreativitas karyawan, mereka akan bekerja dengan lebih tekun, semangat pantang menyerah, percaya diri, optimis, dan selalu mengedepankan etika dalam berkompetisi. Hal ini bertujuan untuk menghindari kecurangan dalam persaingan di dunia perkantoran. Dengan adanya persaingan di dunia perkantoran, karyawan akan terus termotivasi untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya, sehingga tujuan perusahaan dapat lebih mudah dicapai oleh karyawan yang memiliki semangat positif.


Namun, terdapat juga beberapa dampak negatif jika persaingan di dalam dunia perkantoran dilakukan dengan cara yang curang. Seperti yang kita ketahui, persaingan yang tidak fair akan menimbulkan dampak buruk baik bagi karyawan maupun perusahaan. Jika persaingan dilakukan secara curang, karyawan akan saling menjatuhkan antara satu sama lain karena rasa iri, sombong, ingin menang sendiri, dan ingin menjadi lebih unggul dari yang lain. Hal ini dapat berdampak buruk pada pekerjaan karyawan maupun perusahaan. Selain itu, persaingan di dunia perkantoran dapat memicu persaingan sengit antara karyawan yang dapat memecah tali pertemanan antar karyawan. Hal ini dapat memicu permusuhan antara para karyawan dan berdampak pada pekerjaan mereka.


Dalam menghadapi persaingan di dalam dunia perkantoran, Talitha, G. (2022) menyebutkan beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah dengan berpikir positif, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap karyawan lain. Kita harus menghindari pikiran negatif tentang kemampuan diri sendiri dan orang lain, karena hal ini dapat menimbulkan rasa iri dan dengki. Kita harus fokus terhadap diri sendiri dan bekerja sama dengan karyawan lain, sehingga dapat saling menguntungkan dan tidak ada pihak yang merasa dirugikan.


[English]

Competition is the act of striving to be better than others. Ahmad Nasrudin (2022) defines competition as an effort to win something and become more successful than another party. Similarly, according to Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), competition is a contest held by an individual or group of people with the goal of achieving victory or a competitive result. John Lewis Gillin and John Philip Gillin interpret competition as a social process in which individuals or groups compete for profit and become the center of public attention by attracting attention. Competition can involve two or more people.


The word "kantor" comes from the Dutch word "kantoor," which means the room where work is done or the location of an agency. According to Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), an office is a hall, building, house, or room where work, such as company operations, takes place. An office encompasses all activities related to the workplace. Specifically, it is a place or container where a group carries out administrative activities such as document creation, collection, calculation, retrieval, information sharing, copying, delivery, and storage to achieve certain goals. According to Nuraida (2008), an office is a place where administrative activities occur, and people, technology, and procedures are used to share information data in a system, starting from receiving, collecting, processing, storing, and distributing information data.


Competition in the office involves a company competing with other employees in an office or agency to be superior and gain favor from leadership. Competing in the office can be achieved through honest or fraudulent means, but both have an impact on the individual, other employees, and the company. Competition in the office can have positive or negative impacts on companies and workers since all actions, whether good or bad, have consequences.


Competition in the office can have both positive and negative impacts on employees and the company. On the positive side, it can improve the quality and creativity of employees, leading to diligence, unyielding spirit, confidence, optimism, and prioritizing ethics in competence. Such positive attributes will not only avoid fraudulent behavior but also motivate employees to become better and help achieve the company's goals. However, if competition is carried out fraudulently, it will bring each other down because of jealousy, pride, and a desire to win on their own, leading to negative impacts on the employee's work and the company.


Furthermore, fierce competition between employees can break their friendship, trigger hostility, and affect their work. To face competition in the office positively, we should focus on our own abilities and work together with other employees. Talitha, G. (2022) suggests that we should avoid negative thoughts and envy towards other employees, as it will make us feel incapable and disadvantageous. Instead, we should focus on our own growth and mutual benefits with others. By doing so, we can avoid the negative impacts of competition in the office and foster a positive working environment.


References


Ekonomi, G. (2021). Home. Sarjana Ekonomi – Tempat Belajar Ilmu Ekonomi Secara Gratis. Retrieved June 3, 2022, from https://sarjanaekonomi.co.id/kantor/ 

Nasrudin, A. (2022). Persaingan: Definisi, Penjelasan Singkat. Cerdasco. Retrieved June 2, 2022, from anything and will cause envy and envy towards them. So, focus on yourself and work together with other employees, because then we will both benefit from each other and neither https://cerdasco.com/persaingan/ 

Nuraida. (2008). 2. Bab II Tinjauan Pustaka – Polban. Pengertian kantor. Retrieved June 4, 2022, from http://digilib.polban.ac.id/files/disk1/248/jbptppolban-gdl-nurifafati-12368-3-bab2--2.pdf 

LogamProject. (2019). Dampak Positif Dan Negatif Persaingan usaha. LogamProject. Retrieved June 3, 2022, from https://logamprject.wordpress.com/2019/01/27/dampak-positif-dan-negatif-persaingan-usaha/

Setiawan, E. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Arti kata perkantoran pengertian perkantoran – Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Retrieved June 3, 2022, from https://kbbi.web.id/perkantoran.html pengertian perkantoran

Talitha, G. (2022). Lakukan Cara Elegan ini untuk Menghadapi Persaingan di Kantor. IDN Times. Retrieved June 2, 2022, from https://www.idntimes.com/life/career/geralda-rundengan/cara-elegan-untuk-menghadapi-persaingan-di-kantor

No comments:

Post a Comment

Pages