Learning Systems in Digital Animation for Beginners



by

Andiva A., Anisa N., Hesti D. R., Neng S., Rizal R., Siti S. M.


XI MM

SMK Islam Paniis

Tasikmalaya

2022


[Indonesian]

Strategi pembelajaran adalah suatu rencana, yang di dalamnya terdapat rangkaian kegiatan yang dirancang secara khusus. Pengertian strategi pembelajaran secara umum adalah suatu rencana dan cara mengajar yang akan dilakukan guru dengan menetapkan langkah-langkah utama mengajar sesuai dengan tujuan pengajaran yang akan dicapai dan telah digariskan. Strategi pembelajaran juga bisa diartikan sebagai serangkaian rencana kegiatan yang termasuk didalamnya penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam suatu pembelajaran. Menurut Dick dan Carey (dalam Zakky et al., 2020) arti strategi Pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Strategi pembelajaran bukan hanya sebatas pada prosedur atau tahapan kegiatan belajar saja, melainkan termasuk juga pengaturan materi atau paket program pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik.


Animasi digital yaitu animasi karakter imajinasi yang di buat dari hasil proses kerja komputer.  Sebelum menggunakan komputer, animasi diselesaikan dengan membuat film dari gambar tangan atau urutan-urutan gambar di atas plastik atau kertas (yang di sebut dengan cels), satu frame untuk 1/60detik Menurut Agus Suheri (dalam Novitasari, 2022) Animasi adalah kumpulan dari gambar yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan gerakan.  Langkah-langkah yang di lakukan bila ingin membuat animasi: pilih jenis animasi, pilih karakter dan latar belakang, buat storyboard, observasi lingkungan, tentukan aplikasi. Animasi digital dapat juga digunakan untuk membuat efek khusus dan simulasi gambar yang hampir tidak mungkin dilakukan dengan animasi sel, seperti animasi solar flare pada matahari. Animasi digital juga dapat digunakan unuk menrekontruksi suatu kejadian.


Dalam pembelajaran animasi digital kita harus mengetahui cara untuk menjalankan animasi digital. Tetapi kendala-kendala tersebut tidak menghalangi rasa semangat untuk berusaha. Adapun kendala yaitu koneksi yang stabil dalam membuat video animasi di selesaikan dengan membuat film dari gambar tangan atau urutan-urutan gambar di atas plastik atau kertas (yang di sebut dengan cels). Ini sangat membantu untuk pembelajaran apalagi bagi pemula, untuk memperkirakan bagaimana video akan di buat. Storyboard umumnya di buat dalam bentuk panel dengan beberapa kotak yang berisi gambar adegan cerita. Selain membuat gagasan cerita visual, dengan storyboard kita juga membuat bagaimana membidik objek sesuai ide cerita tapi dengan mempertimbangkan angle sinematografis.


Media animasi dalam pembelajaran  memiliki kemampuan untuk dapat memaparkan sesuatu yang rumit atau kompleks untuk dijelaskan dengan hanya gambar dan kata-kata saja. Dengan kemampuan ini maka media animasi dapat digunakan untuk menjelaskan suatu materi yang secara nyata tidak dapat terlihat oleh mata, dengan cara melakukan visualisasi maka materi yang dijelaskan dapat tergambarkan. Media animasi dalam pembelajaran mampu menyampaikan sesuatu konsep yang kompleks secara visual dan dinamika, media animasi digital juga mampu menarik perhatian pelajar dengan mudah, animasi mampu menyampaikan suatu pesan dengan lebih baik dibanding penggunaan media yang lain. Animasi digital juga dapat digunakan untuk membantu menyediakan pembelajaran secara maya, media animasi dalam pembelajaran mampu menawarkan satu media yang lebih menyenangkan, animasi mampu menarik perhatian, meningkatkan motivasi serta merangsang pemikiran pelajar yang lebih berkesan. Persembahan secara visual dan dinamik yang disediakan oleh teknologi animasi mampu memudahkan dalam proses penerapan konsep atau pun demonstrasi.


Tetapi  akibat dari menonton film animasi dan juga game bisa menyebabkan lupa terhadap waktu ataupun kewajiban kita sebagai makhluk sosial. Juga membutuhkan peralatan yang khusus, materi dan bahan yang ada dalam animasi sulit untuk diubah jika sewaktu-waktu terdapat kekeliruan atau informasi yang ada di dalamnya sulit untuk ditambahkan. Animasi dapat digunakan untuk menarik perhatian siswa jika digunakan secara tepat, tetapi sebaliknya animasi juga dapat mengalihkan perhatian dari substansi materi yang disampaikan ke hiasan animatif yang justru tidak penting, juga memerlukan kreativitas dan ketrampilan yang cukup memadai untuk mendesain animasi yang dapat secara efektif digunakan sebagai media pembelajaran dan memerlukan software khusus untuk mengoperasikannya.


Selama ini animasi di gunakan dalam media pembelajaran untuk dua alasan pertama untuk menarik perhatian siswa dan memperkuat motivasi. Animasi jenis ini biasanya berupa tulisan atau gambar yang bergerak-gerak animasi yang lucu aneh yang sekiranya akan menarik perhatian siswa animasi ini biasanya tidak ada hubungannya dengan materi yang akan di berikan kepada murid. Fungsi yang kedua adalah sebagai sarana untuk memberikan pemahaman kepada murid atas materi yang akan di berikan. Artikel ini lebih memfokuskan pada fungsi yang kedua. Manfaat menggunakan media pembelajaran berteknologi digital antara lain multimedia interaktif digital video dan animasi, podcast, augmented reality (AR), virtual reality (VR), serta game-based learning dan gamifikasi.


[English]

A learning strategy is a plan, in which there is a series of activities specifically designed. Understanding learning strategies in general is a plan and method of teaching that will be carried out by the teacher by determining the main steps of teaching in accordance with the teaching objectives to be achieved and have been outlined. Learning strategies can also be interpreted as a series of activity plans which include the use of methods and the utilization of various resources or strengths in learning. According to Dick and Carey (in Zakky et al., 2020) the meaning of learning strategy consists of all components of learning materials and procedures or stages of learning activities used by teachers in order to help students achieve certain learning goals. Learning strategies are not only limited to procedures or stages of learning activities, but also include the arrangement of materials or learning program packages that will be delivered to students.


Digital animation is an imaginary character animation created from the result of a computer work process. Before using computers, animation was accomplished by making films of hand drawings or sequences of images on plastic or paper (called cels), one frame for 1/60 of a second. According to Agus Suheri (in Novitasari, 2022) Animation is a collection of images that have been processed in such a way that they can produce movement.  The steps taken if you want to create animation: select the type of animation, select the character and background, create a storyboard, observe the environment, determine the application. Digital animation can also be used to create special effects and image simulations that are nearly impossible with cell animation, such as the animation of a solar flare on the sun. Digital animation can also be used to reconstruct an event.


In learning digital animation we must know how to run digital animation. But these obstacles do not prevent the enthusiasm to try. The obstacle is that a stable connection in making animated videos is completed by making films from hand drawings or sequences of images on plastic or paper (called cels). This is very helpful for learning especially for beginners, to predict how the video will be made. Storyboards are generally made in the form of panels with several boxes containing pictures of story scenes. In addition to creating visual story ideas, with storyboards we also create how to target objects according to story ideas but by considering the cinematographic angle.


Animated media in learning has the ability to be able to explain something complicated or complex to be explained with only pictures and words. With this ability, animation media can be used to explain material that cannot be seen by the eye, by visualizing the material described can be described. Animated media in learning is able to convey a complex concept visually and dynamically, digital animation media is also able to attract the attention of students easily, animation is able to convey a message better than the use of other media. Digital animation can also be used to help provide virtual learning, animation media in learning can offer a more fun medium, animation can attract attention, increase motivation and stimulate students' thinking that is more memorable. Visual and dynamic presentations provided by animation technology are able to facilitate the process of implementing concepts or demonstrations.


However, the consequences of watching animated films and games can cause you to forget time or our obligations as social beings. It also requires special equipment. The materials and materials in the animation are difficult to change if at any time there are errors or the information contained in it is difficult to add. Animation can be used to attract students' attention if used properly, but on the other hand, animation can also divert attention from the substance of the material presented to animative decoration which is not important, it also requires sufficient creativity and skills to design animation that can be effectively used as a medium. learning process and requires special software to operate it.


So far, animation is used in learning media for the first two reasons to attract students' attention and strengthen motivation. This type of animation is usually in the form of writing or pictures that move funny and strange animations that if it will attract the attention of students, this animation usually has nothing to do with the material that will be given to students. The second function is as a means to provide students with an understanding of the material to be given. This article focuses more on the second function. The benefits of using digital learning media include interactive multimedia, digital video and animation, podcasts, augmented reality (AR), virtual reality (VR), and game-based learning and gamification.


References



Jasa Multimedia. (2022). Jasa Multimedia Terpercaya - Bie production. Retrieved June 7, 2022, from https://bieproduction.com/

Novitasari, C. (2022). Pengertian Animasi Archives. Pelajarindo.com. Retrieved June 8, 2022, from https://pelajarindo.com/tag/pengertian-animasi/

Unknown. (1970). Manfaat animasi Sebagai media pembelajaran. Manfaat Animasi sebagai media pembelajaran. Retrieved June 7, 2022, from https://bdc-animasi.blogspot.com/2017/07/manfaat-animasi-sebagai-media.html

Wairooy, I. K. (n.d.). Animation technique dalam multimedia. School of Computer Science. Retrieved June 8, 2022, from https://socs.binus.ac.id/2019/12/19/animation-technique-dalam-multimedia/ 

Webrate. (n.d.). Bicerproduction.com ▷ Bicer production. Retrieved June 7, 2022, from https://webrate.org/site/bicerproduction.com/

Zakky, Solikin, I., & Sarbini. (2020). Pengertian Strategi pembelajaran Secara Umum Dan Menurut Para Ahli. ZonaReferensi.com. Retrieved June 7, 2022, from https://www.zonareferensi.com/pengertian-strategi-pembelajaran

No comments:

Post a Comment

Pages