5 Rekomendasi Saluran YouTube untuk Belajar Bahasa Inggris

Halaman Pertama YouTube - Rekomendasi


Hai sobat Caravel, Belajar Bahasa Inggris memang gampang-gampang susah, mengapa? Seperti yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya, kita harus memegang 7 Prinsip Dasar agar Berhasil Belajar Bahasa Inggris. Selanjutnya, setelah kita memegang prinsip-prinsip tersebut, kita memerlukan sumber belajar yang tepat. Nah, di postingan ini, saya akan menuliskan rekomendasi saluran-saluran YouTube yang bisa kalian ikuti. Sebelumnya, kita perlu paham juga bahwa sumber belajar setiap orang itu berbeda-beda. Mungkin saja sumber-sumber yang saya tuliskan di bawah tidak begitu cocok untuk kalian dan itu tidak menjadi masalah. Kita hanya perlu mencari sumber belajar yang memang menarik dan cocok itu diri kita masing-masing. Namun, di artikel ini, saya hanya membagikan saluran-saluran yang sudah saya ikuti sejak saya masih berada di tingkat pemula sampai sekarang dan saya akan menuliskan juga kelebihan dan kekurangan beserta solusinya dari setiap saluran tersebut. Berikut adalah daftar saluran-salurannya.


1. English for You


Rekomendasi saluran yang pertama dan cocok untuk diikuti adalah English for You (EfU). Saluran YouTube ini memang sudah lama berdiri. Namun, kontennya tetap berkualitas sekali. Ada beberapa hal yang membuat saluran ini saya rekomendasikan untuk kalian. Pertama, saluran ini sangat cocok sekali untuk kita yang belajar Bahasa Inggris dari tingkat pemula (beginner), dasar (elementary), sampai menengah (intermediate). Di samping itu, semua instrukturnya menyesuaikan kecepatan berbicaranya sesuai dengan levelnya. Kita dapat memilih daftar video sesuai level Bahasa Inggrisnya di daftar putar atau playlist YouTube EfU ini. Selanjutnya, di saluran ini, kita belajar Bahasa Inggris sambil mengerjakan kuis yang akan diberikan nanti selama proses pembelajaran berlangsung. Di sana, ada tiga murid juga yang mana mereka semua juga masih sangat pemula dalam Bahasa Inggris. Jadi, pembelajaran di sini lebih terasa bahwa kita sedang berada di dalam kelas walaupun tidak dapat berinteraksi dengan instrukturnya langsung. Namun, ada salah satu tantangan dari bimbingan belajar di saluran ini, yaitu setiap videonya kurang lebih berdurasi sekitar 1 jam sehingga kita harus benar-benar mencari solusi agar tetap dapat fokus. Beberapa solusi yang bisa saya bagikan adalah menggunakan metode pomodoro, bisa konsumsi kafein dari secangkir kopi (jika tidak memiliki riwayat penyakit seperti tukak lambung atau darah tinggi), cuci muka jika sudah mengantuk, dan hindari belajar sambil tiduran.


Berkenaan dengan level pembelajaran, jika kita memilih tingkat pemula, maka kita akan bertemu dengan instrukturnya, yaitu Molly Stone. Selama pembelajaran, menurut saya, beliau berbicara dengan kecepatan yang sangat bisa dipahami oleh para pemula dalam Bahasa Inggris. Konten pembelajaran di sini semuanya tentang hal-hal yang dasar. Sederhananya konten pembelajaran Bahasa Inggris di sini tidak jauh berbeda dengan Bahasa Inggris untuk anak-anak SD. Hanya saja, pengajarannya disesuaikan dengan umur kita yang memang sudah bukan anak-anak lagi. Kedua, di tingkat dasar atau elementary, kita akan belajar dengan Nicole Jones. Konten pembelajaran di tingkat ini lebih sedikit menantang untuk para pemula. Dalam hal penyampaian, instruktur mulai sedikit berbicara lebih cepat, tetapi masih dapat dipahami. Di sini, kita juga akan mempelajari banyak sekali tata Bahasa Inggris dasar karena untuk persiapan nanti ke tingkat menengah. Kemudian, setelah selesai di tingkat dasar, kita dapat mulai masuk ke tingkat menengah atau intermediate level. Di tahap ini, instruktur bernama Chris. Beliau menyampaikan materi dengan kecepatan sudah normal, tetapi tidak menggunakan Bahasa Inggris untuk sehari-hari seperti menggunakan wanna, gonna, dan sebagainya. Konten pembelajaran di sini lebih ke mengenal lebih luas kosa kata dan mempelajari lebih lanjut tata bahasa juga.


2. English Anyone


Selanjutnya, saluran yang sering saya gunakan untuk belajar Bahasa Inggris adalah English Anyone. Saya sering sekali menonton video-video dari Drew Badger. Berdasarkan apa yang saya alami sekarang, saluran ini sangat bermanfaat untuk kita yang berada di level menengah dan ingin melanjutkannya ke level lanjutan. Di sini, ada beberapa video bernama English Fluency Bits yang mana kontennya membahas tentang kosa kata atau frasa yang populer digunakan oleh penutur asli. Selain itu, yang paling saya sukai di sini adalah video-video Advanced English Listening Practice-nya yang mana menurut saya, semua video di daftar putar ini sangat bermanfaat untuk mereka yang ingin memperbaiki kemampuan menyimak atau listening dari level menengah ke level lanjutan. Sistem pembelajarannya juga sangat nyaman walaupun durasi videonya panjang-panjang. Beberapa penyampaian materi terkadang dilakukan di luar ruangan seperti di sekitar lingkungan rumahnya sehingga saya sendiri tidak bosan menontonnya dulu. Hal yang paling membuat nyamannya lagi adalah kecepatan beliau ketika berbicara dapat menyesuaikan dengan level audiensnya. Berdasarkan pengalaman saya, saya dulu sempat berada di titik "Listening-ku gini-gini aja nih, gimana ya biar bisa ngerti hal-hal yang kompleks atau yang kecepatan berbicaranya seperti penutur asli?" sampai akhirnya menemukan saluran YouTube ini dan secara perlahan saya mengerti apa yang dia sampaikan. Banyak sekali konten penting lainnya seperti penjelasan tentang phrasal verb, strategi belajar Bahasa Inggris, phonics, dan sebagainya.


3. Daily English


Saluran YouTube ketiga, yaitu Daily English. Instruktur dari saluran ini bernama Shane Peterson. Di salurannya beliau mengajar penuh dengan penjelasan ungkapan sehari-hari dalam Bahasa Inggris di Amerika. Saluran ini cocok untuk mereka yang berada di semua tingkat karena beliau mengajarkan satu ungkapan di dalam satu videonya. Sekarang, lebih dari 300 video sudah diunggah ke dalam salurannya. Luar biasa bukan? Ya, kita belajar Bahasa Inggris umum di sini. Menariknya lagi, di setiap videonya, Shane memberikan contoh penggunaan ungkapan tersebut dalam sebuah konteks yang tepat. Tentunya, buat kalian yang lebih mengikuti aksen Amerika, maka saluran ini bahkan lebih cocok sekali untuk kalian. Lebih lanjut, penyampaian beliau di setiap videonya sangat tidak membosankan untuk saya pribadi karena karakternya yang aktif, ekspresif, dan durasi videonya yang pendek-pendek. Saran dari saya, kita dapat menjadikan saluran ini sebagai suplemen kosa kata kita untuk Bahasa Inggris sehari-hari dan tentunya harus dipraktikan oleh kita. Kita dapat mempelajari 3 atau 5 video sehari dan tidak perlu menonton banyak sekaligus. Untuk praktik berbahasa Inggris, kita dapat mempraktikannya dengan teman-teman kita yang sedang belajar Bahasa Inggris atau bahkan lebih baik yang sudah fasih Bahasa Inggris. Jika tidak ada teman praktik, kita dapat menggunakan aplikasi khusus untuk praktik Bahasa Inggris yang akan nanti saya tuliskan di postingan selanjutnya.


4. English in Siberia with Huncho Foreign


Yang ke-4, saluran ini sedikit lebih ditujukan pada anak-anak muda yang suka dengan bahasa-bahasa gaul. 😆 Ya, di saluran ini, kita akan belajar dengan Philochko. Di sini, kita akan belajar beberapa konten Bahasa Inggris yang memang sedikit ekstrem. Namun, ada juga beberapa videonya yang sangat berkualitas untuk ditonton. Dia membagikan ada cara untuk melatih pengucapan kita dalam Bahasa Inggris dan bahkan memberikan video praktik membaca dalam Bahasa Inggris dengan meniru kecepatan penutur asli Bahasa Inggris dengan aksen Amerika. Lebih menariknya lagi, dia lebih mengajarkan bagaimana supaya kita berbicara dengan lembut menggunakan aksen Amerika. Lembut di sini berarti mengalir. Seperti yang kita ketahui, ketika kita menonton film-film Hollywood, mereka berbicara cepat dan bahkan susah untuk dipahami. Ternyata, mereka menggabungkan setiap kata dan kalimat yang mereka ucapankan. Di saluran inilah, kita akan berlatih dengan dia untuk berbicara Bahasa Inggris lebih mengalir dan natural seperti penutur aslinya. Namun, perlu kita ketahui juga, mengikuti aksen bukan suatu keharusan, maka gunakan Bahasa Inggris aksen dari mana saja selama kita dapat berkomunikasi dan paham satu sama lain. Jika kita tertarik dengan aksen Amerika. You're on the right track! 😉 Terakhir, saluran ini cocok untuk kita yang berada di level menengah.


5. Extra English BBC


Rekomendasi terakhir sedikit berbeda, saluran ini hanya sekedar hiburan, tetapi kita bisa sambil belajar Bahasa Inggris juga. Sitcom atau Situation Comedy menjadi salah satu ide untuk melatih kemampuan menyimak kita. Namun, kebanyakan sitcom khusus untuk para penutur asli bahasa saja. Jangan kahwatir, ada beberapa juga sitcom yang bisa kita tonton dan salah satunya yang saya tonton dulu adalah Extra English BBC. Kecepatan berbicara para aktris dan aktornya juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan kita untuk belajar Bahasa Inggris. Jadi, mereka berbicara dengan kecepatan yang normal. Di sini juga saya mulai sadar bahwa mendengarkan Bahasa Inggris itu bisa menjadi hal yang menyenangkan jika kita menonton hal yang kita sukai dengan bahasa pengantarnya, Bahasa Inggris. Acara sitcom Extra BBC ini bukan hanya dalam Bahasa Inggris saja, tetapi ada juga dalam bahasa lainnya. Jika kita ingin belajar Bahasa Perancis, maka kita bisa menonton Extra French BBC. Kita hanya perlu mencarinya saja di YouTube. Aksen yang digunakan di acara sitcom ini adalah aksen British. Untuk masalah level bahasa, acara ini cocok untuk kita yang sudah berada di tingkat menengah juga. Ini bukan berarti tingkat pemula tidak bisa, tetapi seorang pemula dalam Bahasa Inggris pasti akan sedikit kesulitan untuk memahami apa yang diujarkannya dan acara ini untuk dinikmati, bukan malah diambil stres nantinya. 😆


Itulah beberapa rekomendasi saluran YouTube untuk belajar Bahasa Inggris. Sebenarnya, kalian tidak perlu terpaku pada apa yang saya rekomendasikan. Di sini, saya hanya membagikan saluran apa yang sudah saya tonton dan berhasil memperbaiki Bahasa Inggris saya. Sampai jumpa di postingan selanjutnya dan semoga bermanfaat artikelnya! 😊

No comments:

Post a Comment

Pages