Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Inggris - Public Speaking

 Pria Berbicara di Depan Umum


Hai Sobat Caravel! Selamat datang kembali di blog Caravel! Setelah sebelumnya membahas Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Inggris - Professional Reading and Writing, di artikel ini kita akan menuju ke pembahasan mata kuliah selanjutnya dalam Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), yaitu Public speaking atau berbicara di depan umum. Public speaking merupakan salah satu mata kuliah yang akan kita ambil jika masuk ke program studi PBI. Tidak diragukan lagi, kemampuan ini merupakan salah satu bentuk manifestasi dari salah satu kemampuan abad 21 4C, yaitu communication atau komunikasi. Kemampuan ini akan kita gunakan mulai dari presentasi di kantor, presentasi tugas akhir di perguruan tinggi, hingga berbicara di depan orang banyak dalam acara publik, kemampuan berbicara di depan publik dapat membantu seseorang memperkuat kemampuan komunikasi dan membangun kredibilitas kita sendiri. Namun, untuk beberapa dari kita, berbicara di depan umum dapat menjadi hal yang menakutkan dan menimbulkan rasa cemas yang berlebihan karena kurangnya jam terbang atau bahkan tidak pernah pernah mencobanya sama sekali. Oleh karena itu, di jurusan bahasa, public speaking sudah menjadi kemampuan dasar yang wajib dikuasai. Jumlah Sistem Kredit Semester (SKS) untuk mata kuliah ini sebanyak 3 SKS.


Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Public Speaking bertujuan untuk membantu kita memperoleh keterampilan berbicara di depan umum yang efektif dan percaya diri. Dalam mata kuliah ini, kita akan belajar tentang teknik-teknik dasar dalam berbicara di depan umum, seperti teknik presentasi, membuat outline, cara menghadapi rasa takut berbicara di depan publik, serta cara mempersiapkan materi presentasi yang baik. Selain itu, dalam mata kuliah Public Speaking, kita juga akan belajar tentang jenis-jenis public speaking. Pada umumnya, ada 3 jenis public speaking yang akan kita pelajari, yakni impromptu speech, informative speech, dan persuasive speech. Masing-masing dari jenis speech tersebut memiliki ciri khasnya. Lebih lanjut, di matkul ini, kita juga akan diberikan kesempatan untuk berdiskusi di dalam kelas untuk. Kemampuan ini akan menjadi dasar sebelum kita masuk ke mata kuliah selanjutnya nanti seperti Professional Listening and Speaking dan Academic Listening and Speaking. Setelah menyelesaikan mata kuliah ini, kita setidaknya akan mampu menyampaikan presentasi dengan lebih efektif, memengaruhi audiens dengan lebih baik, dan memiliki tingkat percaya diri yang lebih tinggi ketika berbicara di depan umum.


Persiapan Mata Kuliah Public Speaking

  • Pertama, kita bisa mengambil kurus daring dari Coursera. Ada salah satu kursus rekomendasi untuk kalian ikuti, yaitu Introduction to Public Speaking. Kalian dapat memeriksa linknya, [klik di sini].
  • Jangan lupa untuk meminta silabus untuk mengetahui alur pembelajarannya selama satu semester ke depan.
  • Meningkatkan kemampuan mengedit slides di Microsoft PowerPoint (PPT) akan sangat bermanfaat sekali di mata kuliah ini.
  • Selain itu, kita dapat mulai mencari sumber-sumber PPT slides di situs-situs tertentu. Misalnya, kita dapat mengunduh templatenya di Slidesgo, SlidesCarnival, SlidesMania, dan sebagainya.
  • Dalam hal note-taking, kita dapat menggunakan Notion, RemNote, dan catatan digital lainnya. Selain itu, kita bisa menggunakan buku yang memakai binder. Perlu diingat, di mata kuliah ini, kita akan banyak membuat outlines untuk presentasi. Jadi, catatan digital lebih direkomendasikan.
  • Biasanya, UTS dan UAS di mata kuliah ini akan berupa praktik, yaitu berbicara di depan umum.
  • Perbanyak kosa kata karena hal ini akan membantu sekali ketika nanti kita presentasi.
  • Intinya, ikuti aturan main dosennya dan segala petunjuk yang ada di silabus.
  • Ingat, prinsip di dalam kelas, yaitu aktif sewajarnya dan jangan terlalu mendebat orang apalagi sampai menjatuhkan. Dalam diskusi, yang kita perlukan adalah solusi dan pemikiran kreatif-kretif kita, bukan hanya mengkritik tanpa solusi.
  • Terakhir, kita harus benar-benar memanfaatkan ilmu dari mata kuliah ini karena suatu saat kita akan berada di akhir semester dan akan menghadapi yang namanya "sidang". Jika kita memiliki jam terbang banyak untuk berbicara di depan umum seperti mata kuliah, kegiatan organisasi, kegiatan volunteering, dan yang lainnya. Alhasil, ketika sidang nanti, kita tidak akan terlalu gugup berbicara di depan dosen-dosen.

No comments:

Post a Comment

Pages