Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Inggris - Professional Reading and Writing

Wanita Menulis Depan Laptop

 

Halo sobat Caravel! Bagaimana kabarnya? Alright, sudah cukup lama saya tidak menulis artikel tentang mata kuliah. Nah, setelah membahas tentang Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Inggris - Grammar in Written/Spoken Discourse, sekarang kita akan membahas mata kuliah reading, yaitu Professional Reading and Writing. Sebelumnya juga, saya sempat menulis salah satu mata kuliah PBI yang berkaitan dengan kemampuan membaca, yakni Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Inggris - Intensive/Extensive Reading. Seperti namanya, mata kuliah Professional Reading and Writing lebih ke mengasah kemampuan membaca dan menulis kita dalam ruang lingkup pekerjaan atau profesi. Dulu, mata kuliah ini berjumlah 3 Sistem Kredit Semester (SKS). Untuk mata kuliah reading dan writing, menurut saya, 3 SKS sudah menjadi durasi minimal dengan pertimbangan bahwa kemampuan membaca dan menulis di sini bukan hanya sekedar membaca dan menulis seperti biasanya, tetapi kita akan menulis banyak sekali jenis-jenis tulisan yang berada dalam ruang lingkup pekerjaan.


Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah professional reading and writing berfokus pada meningkatkan kemampuan membaca dan menulis kita dalam profesi kita nanti. Mata kuliah ini merupakan lanjutan dari mata kuliah intensive/extenstive reading. Sesudah kita menghabiskan waktu meningkatkan kemampuan membaca di mata kuliah sebelumnya, di mata kuliah ini, kita mempelajari bagaimana kemampuan membaca ini dapat dijadikan sebuah produk, yakni dalam bentuk tulisan. Lebih jelasnya, di mata kuliah ini kita akan belajar menulis berbagai jenis teks yang berada dalam dunia pekerjaan seperti: email, memo, letter, proposal, report, instruction/procedure manuals, slide presentation, dan pitch. Di mata kuliah ini, kita akan belajar pentingnya diksi ketika menulis, memperhatikan tone, note-taking, proofreading, outlining, dan sebagainya. Mata kuliah ini sangat bermanfaat sekali untuk membantu kita ketika sudah lulus kuliah nanti. Ketika kita mencari pekerjaan, kita akan memerlukan banyak kemampuan membaca dan menulis juga seperti membuat Curriculum Vitae (CV), cover letter, menulis deskripsi diri kita di media sosial, dan sebagainya. Jika kita ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi, maka mata kuliah ini juga menjadi salah satu modal yang penting karena biasanya ketika kita melamar beasiswa biasanya ada beberapa hal yang diperlukan salah satunya adalah CV.


Persiapan Mata Kuliah Professional Reading and Writing

  • Senjata pertama yang dapat kita persiapkan jauh-jauh hari sebelumnya, yaitu mengikuti beberapa kursus daring gratis di Coursera. Salah rekomendasi kursus dari saya, kalian dapat mengambil kursus ini di edX, [Klik di sini].
  • Seperti biasanya, di awal perkuliahan, kita dapat meminta silabus untuk mata kuliah ini supaya kita dapat gambaran jelas apa saja yang akan dipelajari di setiap pertemuannya. 
  • Portofolio adalah salah satu hal yang benar-benar penting dan harus mulai dikumpulkan di mata kuliah ini karena ketika nanti kita sudah lulus kuliah, hasil-hasil dari tugas ini bisa kita cek kembali sebagai referensi nantinya.
  • Ada dua cara mencatat, kita dapat menggunakan catatan digital seperti Notion, RemNote, dan aplikasi lainnya. Namun, jika kita lebih suka menulis biasa, kita dapat menggunakan buku catatan yang menggunakan binder karena lebih aman dan mudah untuk dicopot nantinya.
  • Sangat penting sekali ketika nanti kita menghadapi UTS atau UAS, kita bertanya bagaimana kisi-kisi nanti untuk ujiannya karena dengan mengetahuinya, kita setidaknya akan tahu apa yang harus kalian persiapkan nanti sebelum ujiannya.
  • Untuk strategi belajar secara umumnya, kalian dapat mempelajari di postingan saya yang lainnya. Kalian dapat mengeceknya di kategori academic skills.
  • Intinya, ikuti aturan main dosennya dan segala petunjuk yang ada di silabus.
  • Kita harus aktif di kelas karena dosen menilai bukan hanya secara sumatif, tetapi juga mempertimbangkan asesmen formatif juga. Namun, aktif dengan sewajarnya dalam artian kita tidak terlalu banyak mendebat orang di depan umum, apalagi menjatuhkannya. Ini merupakan sebuah kemampuan berkomunikasi yang sering diluputkan oleh beberapa dari kita, bahkan dalam dunia pekerjaan.

No comments:

Post a Comment

Pages