Teks Deskriptif dalam Bahasa Inggris


Pernahkah sobat Caravel diminta guru untuk memperkenalkan diri di depan kelas? Yes, kalian tentunya diminta untuk menjelaskan sekilas tentang diri kalian. Kasus selanjutnya, pernahkan kita diminta oleh guru untuk menulis dan menggambarkan seekor hewan? Ya, dalam hal ini, kalian diminta untuk menjelaskan karakteristik dari hewan tersebut. Coba kita perhatikan, dari kedua kasus tersebut terdapat satu hal yang sama, walaupun secara teks berbeda (lisan dan tulisan), yaitu perintah untuk menjelaskan atau menggambarkan suatu objek. Setelah kita mempelajari artikel tentang Cara Mengakhiri sebuah Percakapan dalam Bahasa Inggris, di artikel kali ini, yang akan kita bahas adalah teks deskriptif dalam Bahasa Inggris.


Apa Itu Teks Deskriptif?

Teks deskriptif adalah teks yang berfungsi untuk menggambarkan seseorang, sesuatu, atau tempat-tempat khusus secara rinci (Depdiknas, 2004). Selain itu, menurut Hakim (1993) menjelaskan bahwa teks deskriptif adalah suatu bentuk lukisan atau gambaran terhadap sesuatu berdasarkan fakta yang sebenarnya. Lebih spesifiknya, Ambo (1994) mengungkapkan bahwa teks deskriptif berasal dari Bahasa Latin, yakni describere yang mana memiliki arti 'menulis tentang' atau 'membeberkan tentang' suatu hal. Jadi, teks deskriptif atau descriptive text merupakan salah satu dari banyaknya jenis teks yang mempunyai fungsi khusus, yaitu menggambarkan suatu benda, baik itu benda hidup atau benda mati.


Struktur Umum (Generic Structure)

1. Identifikasi (Identification)

Di bagian identifikasi, kita harus menggambarkan sebuah benda yang sudah kita tentukan sebelumnya. Di paragraf ini, kita hanya perlu mengenalkan benda tersebut secara umum dan kemudian menuliskan poin-poin yang akan kita deskripsikan di paragraf selanjutnya. Jadi, seperti namanya, identification, yang mana artinya identifikasi atau penetapan suatu benda (KBBI). Berikut contoh dari paragraf bagian identifikasi:


My Cat

    I have a pet, that is a cat. She is a Persian cat. Every sunday, I often take her out to go on vacation with me. She has 3 kittens that age around 2 months. I also create an Instagram account for my cat. Because I am an only child in my family, the presence of my lovely cat is just like a younger sister for me.


2. Deskripsi (Description)

Setelah menulis paragraf identifikasi, selanjutnya, kita mengembangkan beberapa hal yang ada di paragraf pertama. Caranya, kita mencari apa yang bisa kita bahas untuk di paragraf seterusnya. Biasanya paragraf ini berisikan ciri-ciri khusus yang dimiliki benda tersebut. Coba perhatikan contoh paragraf lanjutan dari yang pertama di bawah:


    My parents give me the persian one because they know that I am a huge fan of this type of cat. .... (Paragraf 1 ---> membahas tentang kucingnya yang jenis Persia tersebut.)


    When boredom comes, my cat always becomes my companion. While most people play with their dog at the beach, my cat will just stay under the lounge with me. .... (Paragraf 2 ---> membahas tentang bagaimana dia dan kucingnya ketika berlibur)


    My cat has 3 kittens. Their names are Lizzie, George, and Ralph. Muizza, their mother, is a loving mommy for their babies. .... (Paragraf 3 ---> membahas tentang 3 anak kucingnya dan induknya)


    I often share her activity on Instagram and she always gets a lot of attention because of her adorableness. Many people on the Internet wants my cat to become their pet. (Paragraf 4 ---> membahas tentang bagaimana dia menunjukkan eksistensi kucingnya di Instagram)


Ciri-ciri Teks Deskriptif

1. Kata Benda (Noun)

Kata benda dalam teks deskriptif harus spesifik karena kita akan menggambarkan sesuatu yang membuat berbeda dengan benda yang lainnya. Misanya, kata benda 'cat' dengan 'my cat' akan berbeda, karena dengan menambahkan kata 'my' akan menjadi lebih spesifik. Artinya, di sini kita ingin menjelaskan kepada pembaca bahwa inilah kucingku dengan karakteristik-karakteristik spesifiknya. Di samping itu, ketika kita berbicara tentang kata benda, pasti tidak akan terlepas dari kata sifat (adjective). Perlu diperhatikan bahwa kata 'cat' juga masih dapat menjadi judul untuk teks deskriptif jika kita bertujuan untuk menggambarkan karakteristik-karakteristik kucing pada umumnya yang membedakannya dengan hewan lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang part of speech (verb, adverb, noun, dan adjective), kalian dapat membaca lebih lanjut artikelnya di sini >> Mengenal Part of Speech atau Jenis Kata dalam Bahasa Inggris: Noun, Verb, Adjective, dan Adverb.


2. Bentuk Waktu (Tense)

Dalam teks deskriptif, bentuk waktu yang digunakan, yaitu simple present tense. Bentuk waktu ini berfungsi untuk menyatakan suatu fakta atau kejadian berulang-ulang. Dalam hal ini, kita dapat melihat dalam teks ini, semua kata kerjanya merupakan kata kerja pertama (Verb 1). Misalnya, dalam kalimat bentu verbal, yaitu I play, you work, she goes, he runs, dan lainnya. Sementara untuk kalimat bentuk nominal, yaitu I am a teacher, he is a smart worker, they are good friends, dan sebagainya. Jika kalian belum begitu memahami tentang simple present tense, kalian dapat menonton penjelasan di video pembelajaran di bagian bawah setelah artikel ini.


3. Bahasa Kiasan (Figurative Language)

Selanjutnya, dalam teks deskriptif juga biasanya menggunakan bahasa kiasan. Salah satu bentuk bahasa kiasan adalah metafora yang mana kita membandingkan benda yang kita gambarkan dengan benda yang lain seolah-olah memiliki karakteristik yang sama. Penggunaan metafora ini bertujuan untuk mempermudah pembaca memahami apa yang ingin disampaikan oleh penulis dengan lebih jelas. Misalnya, dalam Bahasa Inggris, yaitu language is like a cake, English is as easy as pie, dan sebagainya.


Itulah yang dapat mimin Caravel sampaikan berkenaan dengan teks deskriptif. Untuk lebih memahami lebih dalam lagi, kalian bisa tonton video pembelajaran di bawah ini. Jika ada beberapa hal yang masih belum dapat dipahami dengan baik, kalian bisa berkomentar di kolom komentar yang sudah disediakan di bawah. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Bye for now! 😄




Referensi

Ambo Enre, Fachruddin. (1994). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Ujung Pandang: Badan Penerbit IKIP Ujung Pandang.

Depdiknas. (2004). Kurikulum Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk SMA dan MA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hakim, A. (1993). Karangan Deskripsi. Bandung: Angkasa.

No comments:

Post a Comment

Pages