Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Inggris - Digital Literacy


Selamat datang kembali di blog Caravel! Di artikel sebelumnya, kita telah berkenalan dengan Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Inggris - Public Speaking. Namun, dalam era digital yang semakin maju, keterampilan literasi digital juga semakin penting. Oleh karena itu, pada artikel ini, kita akan membahas mata kuliah Digital Literacy atau Literasi Digital, dan bagaimana keterampilan ini dapat membantu kita selama kuliah dan bahkan setelah lulus kuliah nanti. Literasi digital sederhananya adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi digital secara efektif dan kritis. Dalam era digital yang semakin maju, keterampilan literasi digital menjadi semakin penting dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi, ketika kita sudah berada di tingkat penyelesaian tugas akhir atau biasa disebut dengan skripsian. Oleh karena itu, banyak perguruan tinggi sekarang menawarkan mata kuliah literasi digital untuk membantu siswa memahami dan menguasai keterampilan ini. Lebih lanjut, selama saya kuliah dulu, mata kuliah ini menjadi mata kuliah yang bersifat opsional alias kita dapat mengambilnya atau tidak. Hal ini kembali lagi kepada minat kita. Di kampus saya dulu, ada 3 mata kuliah pilihan sesuai minat kita, yaitu Digital Storytelling, Digital Literacy, dan Creative Writing. Masing-masing dari mata kuliah tersebut berjumlah 3 Sistem Kredit Semester (SKS). Di blog Caravel ini, saya sudah membuat beberapa postingan untuk meningkatkan kemampuan literasi digital kita. Kalian tinggal cek di menu Academic Skills dan klik saja kategori Literasi Digital. Di bawah berikut, kita akan membahas lebih lanjut tentang apa itu mata kuliah literasi digital, mengapa keterampilan ini penting, dan apa saja manfaatnya bagi siswa di perguruan tinggi.


Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah literasi digital merupakan mata kuliah yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kita dalam memahami, menggunakan, dan mengembangkan teknologi digital. Lebih lanjut, mata kuliah ini meliputi berbagai topik seperti penggunaan media sosial, keterampilan dasar komputer, pembuatan konten digital, literasi informasi, dan pemahaman etika digital. Dalam mata kuliah literasi digital, kita akan belajar cara menggunakan teknologi sebagai alat untuk mencari, menilai, dan memproduksi sebuah informasi. Di samping itu, kita akan belajar memahami prinsip dasar dari teknologi yang meliputi kompatibilitas, interoperabilitas, skalabilitas, keamanan, efisiensi, keandalan, dan keterbukaan. Selanjutnya, kita juga akan mempelajari bagaimana teknologi ini berdampak pada masyarakat. Di mata kuliah ini, kita juga akan belajar tentang keamanan digital dan tata cara penggunaan internet yang aman. Misalnya, pembangunan citra diri atau reputasi di media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube, dan Blog. Mata kuliah literasi digital ini akan membantu meningkatkan kemampuan kita untuk menyajikan informasi secara efektif dan menarik dengan menggunakan berbagai alat dan teknologi digital. Keterampilan literasi digital sangat penting di era digital saat ini karena teknologi digital telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Mata kuliah literasi digital akan membantu kita mempersiapkan diri untuk sukses di era digital ini, baik di dunia perkuliahan maupun di dunia karier kita nanti.


Persiapan Mata Kuliah Digital Literacy

  • Salah satu opsi pertama yang bisa kita lakukan adalah mengikuti kursus daring di Coursera. Ada satu kursus yang direkomendasikan, yaitu Information and Digital Literacy. Untuk melihat informasi lebih lanjut kursus tersebut, silakan klik [di sini].
  • Seperti biasanya, pastikan untuk meminta silabus dari mata kuliah tersebut agar dapat mengetahui rencana pembelajaran selama satu semester ke depan.
  • Mata kuliah ini ada kaitan erat juga dengan Grammar in Multimodal Discourse yang mana platform digital menghasilkan wacana dalam berbagai bentuk. Penyampaian informasi tidak hanya dalam bentuk wacana tulisan saja, tetapi dimanifestasikan dalam bentuk wacana lainnya. Jadi, pastikan kita belajar dengan sungguh di Grammar in Multimodal Discourse juga.
  • Mulai sekarang, coba untuk berkenalan dengan berbagai aplikasi dan bagaimana aplikasi tersebut bisa mempermudah kegiatan kita dalam akademik atau non-akademik. Kita hanya mencoba-coba memasang dan mencopot aplikasi saja untuk menemukan kelebihan dan kekurangan setiap aplikasi tersebut.
  • Untuk membuat catatan, kita dapat memanfaatkan aplikasi seperti Notion, RemNote, serta aplikasi catatan digital lainnya. Selain itu, kita juga dapat menggunakan buku catatan yang menggunakan binder.
  • Biasanya, UTS dan UAS di mata kuliah ini tanyakan saja kepada dosennya apakah berupa proyek dan pengisian refleksi atau ujian seperti pada umumnya.
  • Secara keseluruhan, penting sekali untuk mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh dosen dan mengikuti panduan yang tercantum di dalam silabus.
  • Selalu diingat bahwa di dalam kelas, penting untuk berpartisipasi aktif dengan sewajarnya dan menghindari argumen yang berlebihan atau menyerang pihak lain. Ketika berdiskusi, fokuslah pada mencari solusi dan mengeluarkan ide kreatif, daripada hanya mengkritik tanpa memberikan solusi yang membangun.
  • Terakhir, penting sekali bagi kita untuk memanfaatkan pengetahuan yang didapat dari mata kuliah ini, terutama karena pada akhir semester nanti kita akan menghadapi penulisan skripsi. Dari pengalaman saya, kemampuan untuk mencari informasi secara efektif akan sangat membantu dalam menemukan sumber-sumber informasi yang dibutuhkan. Sebagai contoh, metode Boolean Search bisa digunakan untuk mencari jurnal-jurnal di Google Scholar.
  • Skripsi saya dulu juga mengambil salah satu topik pembahasan yang ada dalam mata kuliah literasi digital ini, yaitu tentang manajemen identitas digital. 😊

 

No comments:

Post a Comment

Pages